Salin Artikel

Latihan Nyanyi Bisa Bantu Mengurangi Kebiasaan Ngorok

Sebuah penelitian menemukan bahwa latihan bernyanyi bisa menjadi cara menghilangkan ngorok tanpa efek samping.

Dilansir dari laman NHS Choice, tim peneliti dari the Royal Devon and Exeter NHS Foundation Trust menemukan bahwa latihan bernyanyi bisa menjadi cara menghilangkan ngorok yang efektif.

Kesimpulan ini didapat setelah mengamati 127 orang yang memiliki kebiasaan mendengkur ringan sampai yang ngorok kronis akibat sleep apnea.

Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang diminta untuk rutin berlatih vokal 20 menit sehari selama 3 bulan menjadi lebih jarang ngorok daripada kelompok yang tidak diminta bernyanyi.

Mereka yang berlatih vokal setiap hari juga menunjukkan stamina yang lebih tinggi selama beraktivitas dan tidak menunjukkan rasa kantuk di siang hari.

Latihan bernyanyi yang rutin, lapor peneliti, dapat mengurangi tingkat keparahan dengkuran, frekuensi mendengkur, dan volume suara dengkuran sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas tidur peserta. Berbanding terbalik dengan yang tidak latihan bernyanyi.

Kenapa bisa begitu?

Selama kita tidur, otot-otot tubuh akan melemas. Termasuk otot-otot lidah dan saluran pernapasan di belakang tenggorokan.

Otot saluran pernapasan yang kendur akan mempersempit saluran udara sehingga jadi lebih rentan bergetar ketika dialiri oleh udara dari paru-paru, sementara posisi lidah saat tidur yang terdorong lemas ke belakang akan menghalangi jalur keluar-masuk udara selama tidur.

Kombinasi kedua hal inilah yang kemudian menghasilkan suara ngorok yang khas mengganggu. Ditambah lagi, massa otot tubuh akan semakin menurun dan mengendur secara alami seiring bertambahnya usia.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa bernyanyi akan meningkatkan kekuatan otot-otot kerongkongan dan sekitarnya sehingga tidak mudah mengendur dan membuat sempit jalur udara yang keluar-masuk saat tidur.

Penelitian ini masih memiliki banyak keterbatasan dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Meskipun begitu, temuan ini menghadirkan alternatif cara menghilangkan ngorok yang baru dan aman.

Cara latihan nyanyi untuk mengurangi kebiasaan ngorok saat tidur

Tidak usah takut atau malu kalau suaramu jelek saat bernyanyi. Kamu tidak perlu benar-benar memahami cara baca tangga nada bak seorang pemusik profesional untuk mempraktekkan cara mengurangi ngorok yang satu ini.

Cukup lafalkan “la la la” atau “ma ma ma” dari nada yang paling rendah sampai setinggi yang kamu bisa secara bertahap, kemudian balik dari nada yang paling tinggi sampai terendah.

Setelahnya, ganti pelafalan dengan suara “ung-gah”. Suara “ung” membuat jaringan lunak pada langit-langit mulut Anda turun menyentuh bagian belakang lidah, dan suara “gah” akan mengembalikan posisinya kembali seperti semula.

Mengulangi suara-suara ini akan melatih otot sekitar tenggorokan agar semakin kuat dan mencegahnya mudah mengendur saat tidur.

Dilansir dalam laman Medical News Today, Malcolm Hilton, seorang dokter THT di rumah sakit Exeter, University Exeter Medical School mengatakan bahwa cara menghilangkan ngorok tidak hanya dengan melakukan satu hal.

Berlatih menyanyi saja tentu tidak serta-merta menghentikan kebiasaan mengorok sama sekali.

Hilton menyarankan untuk menyertainya dengan perubahan gaya hidup. Contohnya:

  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok
  • Menghindari penggunaan obat penenang
  • Pastikan cukup minum air putih sebelum tidur

Selain perubahan gaya hidup, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan juga sebelum tidur, yaitu mengubah posisi tidur. Posisikan kepala lebih tinggi saat tidur.

Kita juga bisa membersihkan bagian hidung sebelum tidur. Tidur dengan kondisi hidung tersumbat membuat risiko mendengkur lebih mudah terjadi.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah menjaga kamar tidur tetap lembap. Udara yang terlalu kering bisa mengiritasi membran saluran hidung dan tenggorokan dan membuatnya menjadi bengkak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/16/101702620/latihan-nyanyi-bisa-bantu-mengurangi-kebiasaan-ngorok

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.