Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bingung Memulai "Homeschooling"? Ini Tipsnya

Salah satu penulis buku "Home Learning: Belajar Seru Tanpa batas", Ning Nathan, berbagi tipsnya. Anak kedua Ning telah menjalani homeschooling sejak empat tahun dan kini telah berusia 13 tahun.

"Saya sempat galau homeschooling karena enggak ngerti. Apalagi anak saya berkebutuhan khusus. Ternyata setelah dijalani, 180 derajat berbeda. Anak menikmati sekali belajarnya dan kami punya pemahaman yang jauh berbeda tentang belajar," ujar Ning di sela peluncuran bukunya di Gramedia Matraman, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Jika ingin memulai jalur homeschooling bagi anak, Ning menyarankan para orang tua untuk banyak mencari informasi terlebih dahulu.

Saat ini, informasi soal homeschooling sudah bisa didapatkan dari banyak sumber. Misalnya dengan bertanya pada praktisi homeschooling, komunitas, dan lainnya.

"Sebelum mulai lebih baik tanya-tanya karena homeschooling bentuknya beda-beda. Memulai segala sesuatu harus tahu arahnya mau ngapain," kata Ning.

Mengenai metode ajar atau kurikulum, Ning menyarankan agar para orangtua yang baru mencoba metode ini untuk menggunakan kurikulum yang ada terlebih dahulu. Jika merasa sudah stabil menjalaninya, bisa mulai menyusun kurikulum sendiri sesuai kebutuhan anak serta waktu orang tua untuk mengajarkan dan mendampingi.

Terlebih jika sang anak pernah mengikuti sekolah reguler sebelumnya. "Karena butuh membangun habit transisinya supaya enggak pusing," kata dia.

Bergabung atau ngobrol dengan anggota komunitas homeschooling menurutnya juga penting. Terutama untuk memotivasi saat sedang buntu.

"Karena saat kita galau, mentok, komunitas sangat membantu," ucap Ning.

Jika sudah matang memutuskan untuk menjalankan homeschooling, Ning menyarankan untuk membuat suatu kesepakatan antara suami dan istri. Terutama untuk menentukan arah dan tujuan utama mendidik anak.

"Kesepakatan antara suami istri penting. Lalu setting-nya mau gimana, apakah mau bawa sekolah ke rumah? Lalu perencanaan budget juga. Karena kita yang atur sendiri mau biaya mahal atau murah," ucapnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/16/160000820/bingung-memulai-homeschooling-ini-tipsnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke