Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Madu dan Kayu Manis Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Berbagai cara pun banyak dilakukan orang agar kulit bisa terbebas dari jerawat. Selain menggunakan obat jerawat dari dokter, ternyata perpaduan madu dan kayu manis dapat membantu mengobati jerawat.

Sudah tahu bagaimana manfaat madu dan kayu manis untuk mengobati jerawat?

Proinibacterium acnes atau P. acnes adalah salah satu bakteri yang sering ditemukan dalam jerawat yang memerah dan meradang. Dibutuhkan zat yang memiliki sifat dapat melawan bakteri-bakteri penyebab jerawat ini.

Nah, madu dan kayu manis adalah kedua bahan yang memiliki sifat antibakteri ini, sehingga keduanya sering dijadikan sebagai cara alami mengobati jerawat.

Madu adalah cairan kental yang kebanyakan terbuat dari gula jenis glukosa dan fruktosa. Gula tersebut dalam madu mengandung protein, vitamin, mineral dan juga enzim.

Karena kandungannya tersebut, sudah sejak lama banyak orang yang menggunakan madu sebagai alternatif pengobatan medis untuk kulit. Contohnya untuk mengobati ketombe di kulit kepala, psoriasis, luka bakar, dan juga infeksi jamur. Madu juga sering dimasukkan dalam produk-produk perawatan kulit.

Madu juga terkenal ampuh untuk mengatasi jerawat. Hal ini terkait dengan manfaat madu untuk membunuh dan menghambat perkembangan bakteri.

Dilansir dari laman Medical News Today, konsentrasi tinggi gula pada madu asli dapat memberi tekanan pada sel bakteri, sehingga membuat mereka cenderung tidak berkembang biak.

Enzim di dalam madu juga ditemukan bisa membentuk hydrogen peroxide yang mana memiliki sifat antimikroba, dikatakan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2011.

Madu juga memberikan kelembapan alami pada kulit, sehingga cocok untuk orang yang kulitnya kering tapi berjerawat.

Mirip seperti madu, kayu manis juga memiliki khasiat sebagai antimikroba. Selain itu, kayu manis juga dapat menjaga kondisi pori-pori wajah.

Kayu manis mengantongi sifat astringen, yakni dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga membuat kulit tampak lebih halus.

Sebuah penelitian yang menganalisis berbagai hasil artikel ilmiah tentang kayu manis menunjukan bahwa kayu manis pada dasarnya memiliki khasiat antimikroba serta khasiat penyembuhan luka. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa kayu manis memiliki khasiat antipenuaan di kulit.

Bagaimana cara menggunakan madu dan kayu manis untuk jerawat?

Dilansir dalam laman Healthline, ada berbagai cara untuk mengolahnya. Paling mudah yaitu dijadikan sebagai masker. Cara pembuatan masker wajah berbeda-beda, salah satunya sebagai berikut:

  • Campurkan madu dan kayu manis bubuk secukupnya.
  • Aduk rata dan panaskan sebentar selama 30 detik.
  • Diamkan bahan agar tidak terlalu panas.
  • Setelah bahan sudah tidak terlalu panas, oleskan pada wajah.
  • Diamkan selama 10 menit agar madu dan kayu manis meresap.
  • Bilas masker dan tepuk wajah dengan handuk.

Meskipun pengobatan jerawat dengan madu dan kayu manis termasuk dalam pengobatan yang alami, tidak semua orang cocok dengan efeknya. Apalagi jika alergi terhadap madu atau kayu manis.

Kebanyakan orang akan baik-baik saja menggunakan pengobatan jerawat alami ini. Namun, segera hentikan perawatan ini jika ada gejala-gejala seperti:

  • Peradangan
  • Gatal-gatal
  • Jadi sesak napas
  • Ada pembengkakan pada kulit
  • Kulit merah-merah

Untuk manfaat madu dan kayu manis yang maksimal dan untuk mencegah iritasi, gunakan bahan yang paling alami. Sebaiknya gunakan madu mentah atau madu yang belum dicampurkan zat-zat lainnya.

Gunakan juga kayu manis asli, apalagi jika kita membeli dalam bentuk bubuk. Pastikan bubuk tersebut memang murni kayu manis.

Atau agar lebih yakin, buatlah serbuk kayu manis dari kayu manis asli yang utuh sendiri. Selalu tes efeknya pada kulit di bagian tangan sebelum memulainya di wajah, apalagi bagi yang baru pertama kali menggunakan campuran madu dan kayu manis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/17/190304920/apakah-madu-dan-kayu-manis-ampuh-menghilangkan-jerawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke