Salin Artikel

Waktu Terbaik untuk Belajar Bahasa Asing adalah Saat Tidur Lelap

KOMPAS.com - Apakah kalian ingin belajar bahasa asing? Yah, belajar bahasa asing memiliki banyak manfaat.

Selain membuat kita bisa berkomunikasi dengan orang asing, kemahiran berbicara tersebut pun membuka peluang kita memahami budaya lain. Bahkan, mahir berbahasa asing juga membuat kita enteng jodoh.

Baca :Mahir Berbahasa Asing Bikin Kamu "Enteng Jodoh", Percaya?

Lalu, dengan banyaknya kesibukan di setiap harinya, bagaimana kita bisa menemukan waktu yang tepat untuk mempelajari bahasa asing?

Seperti dikutip dari The Independent, disebutkan, waktu yang tepat untuk belajar bahasa asing adalah saat kita tidur.

Hal ini didasarkan pada riset yang dilakukan oleh University of Zurich dan University Fribourg.

Hasil riset menyebutkan, mendengarkan rekaman kosa kata baru saat kita tidur benar-benar dapat membantu untuk belajar bahasa asing.

Hasil riset yang telah diterbitkan dalam the Cerebral Cortex Oxford Journal ini didapatkan melalui penelitian terhadap 60 orang yang berbahasa Jerman, dan sedang mempelajari bahasa Belanda.

Setengah dari peserta riset tersebut mendengarkan rekaman kosa kata dalam volume rendah dan dibiarkan tertidur, dan yang lain diminta terjaga selama rekaman itu diputar.

Uniknya, ketika dilakukan pengujian setelah beberapa jam, periset mendapatkan temuan, mereka yang tidur saat mendengarkan rekaman mampu menghafal kosa kata tersebut lebih baik daripada mereka yang terjaga.

Oleh karena itu, periset menyimpulkan, mendengarkan kata-kata saat kita tertidur mampu membantu kita untuk belajar bahasa asing lebih efektif.

Namun, Björn Rasch selaku pemimpin riset mengatakan, cara ini ternyata tidak cukup untuk digunakan mempelajari bahasa baru.

"Kalian hanya bisa berhasil mengaktifkan kata-kata yang telah kalian pelajari sebelum tidur. Memutar kata-kata yang tidak kalian ketahui saat kalian tidur tidak berpengaruh," ucap dia.

Terlebih lagi, para peneliti menemukan, hasil yang paling efektif terjadi selama tidur lelap tanpa mimpi yang biasa terjadi selama paruh pertama tidur malam (NREM sleep).

Dengan demikian, untuk mendapatkan hasil terbaik, idealnya kita perlu mengatur rekaman untuk dimainkan antara pukul 24.00-2.00 dinihari, jika kita tidur pukul 23.00. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/21/090000520/waktu-terbaik-untuk-belajar-bahasa-asing-adalah-saat-tidur-lelap-

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.