Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

'Jade Roller' Jadi Tren Perawatan Wajah, Begini Cara Pakainya

Alat terkini dalam dunia kecantikan ini merupakan sebuah benda kecil dengan pegangan dengan batu-batuan permata dan dua alat gulung (roller) di ujung dua sisinya.

Popularitas jade roller misalnya diketahui dari penelitian data dari 48 juta pemerhati kecantikan di Pinterest. Jade roller atau yang juga disebut 'derma roller' ditandai (pin dalam bahasan pinterest) 345 persen lebih banyak di 2017.

Selain karena foto yang menarik, banyak pula beauty influencer yang menggunakan jade roller dan membagikan pengalaman mereka menggunakannya lewat media seperti Instagram atau YouTube.

Situs wwd.com juga melaporkan bahwa jade roller menjadi produk terlaris influencer Marianna Hewitt pada 2017.

Di samping fungsinya sebagai alat pijat wajah, beberapa orang mengatakan bahwa jade roller juga bisa membantu membentuk wajah dengan cara mengencangkan otot-otot wajah yang mulai kendur.

Tren jade roller seolah membuat kita kembali ke ritual tradisional yang sederhana dalam perawatan wajah. Namun kesederhanaan kadang justru menjadi cara yang baik.

Manfaat

Pakar perawaran kulit dan wajah, Abigail James menjelaskan sejumlah manfaat pijat wajah memakai jade roller. Misalnya untuk proses detoksifikasi natural dan mencerahkan wajah dengan memperlancar sirkulasi dan aliran darah di bawah kulit wajah.

"Jade roller memiliki permukaan yang dingin dan sangat lembut. Sehingga bisa membantu kita merelaksasi otot dan jaringan wajah dengan tekanan," kata James.

Ia juga berpendapat bahwa jade roller bisa memberikan pijatan manual yang lebih efektif daripada tangan jika dilakukan secara lembut.

Sementara itu, praktisi akupunktur Ross J Barr di Wimpole Theurapeutics dan The Harrods Wellness Clinic menjelaskan bahwa jade roller sangat baik untuk menyeimbangkan warna kulit serta menyejukkan dan menenangkan kulit.

Lalu, bagaimana cara menggunakan jade roller ini?

James menyarankan pembersihan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan jade roller. Namun, pijat ringan dengan jade roller tersebut dilakukan sebelum menggunakan produk perawatan wajah.

Meski terdengar sederhana, tapi ada beberapa cara penggunaan yang bisa dipilih. "Lebih baik menggunakannya maju-mundur, naik-turun dan dari luar ke dalam," kata James.

Ia menyarankan pijat ringan tersebut dilakukan di sekitar rangka wajah.

"Jika mau mengencangkan otot, aku menyarankan pijat ke arah atas. Jangan lupa juga melakukannya untuk leher," kata dia.

Untuk melancarkan drainase cairan getah bening (lymph drainage), ikuti instruksi Barr.

"Bayangkan tulang hidung adalah titik pusat dan mulai lah roll di bagian itu di semua arah. Setelah itu, roll ke bagian luar di daerah rahang dan turun ke daerah leher dan pijat dari arah telinga," kata Barr.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/23/120000620/-jade-roller-jadi-tren-perawatan-wajah-begini-cara-pakainya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke