Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bermasalah dengan Selulit? Coba Lakukan 9 Cara Ini...

KOMPAS.com - Kita memang harus menerima bagaimanapun bentuk tubuh dan kulit kita.

Namun, selama masih bisa berusaha untuk memberikan hal yang terbaik untuk diri sendiri, mengapa tidak kita lakukan.

Yah, mencoba untuk merawat tubuh adalah salah satu cara menghargai diri sendiri, salah satunya dengan berusaha semaksimal mungkin untuk menghilangkan selulit.

Selulit adalah kondisi dimana kulit memiliki gumpalan-gumapalan yang biasanya muncul di perut, bokong dan paha. Gumpalan tersebut disebabkan oleh penumpukan sel lemak pada jaringan ikat vertikal atau jaringan fibrosa yang ada di bawah epidermis.

Hal ini menciptakan tonjolan sel, menyebabkan jaringan tertarik dan terdorong sehingga mengahsilkan tonjolan-tonjolan kecil.

Lantas, apakah yang memicu selulit? Meskipun selulit bersifat genetik, kemungkinan besar juga disebabkan oleh pola makan tak sehat dan olahraga yang tak teratur.

Menurut Dendy Engelman, dokter ahli dermatologi dari New York, ada sebesar 93 persen wanita memiliki selulit. Namun, kalian tak perlu khawatir. Masih ada cara untuk menghilangkannya.

Dilansir dari laman Cosmopolitan, Dendy Engelman dan Arash Akhavan selaku pakar dermatologis dari New York memaparkan cara sederhana untuk menghilangkan selulit di tubuh. Inilah 9 cara untuk menghilangkan selulit.

1. Terapkan diet sehat

Engelman berpendapat bahwa diet sehat memainkan peran penting dalam mencegah selulit. Hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi.

Ini disebabkan karena makanan tinggi garam dapat membuat sel-sel lemak semakin membengkak sehingga selulit semakin berkembang.

Dia juga menyarankan agar kita memperhatikan asupan natrium dan mengonsumsi banyak serat dan makanan dari gandum, seperti sereal gandum dan oat.

Menurutnya, makanan tersebut mampu membuang kotoran di dalam usus kita. Manfaat tersebut juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah dan sayur mayur.

2. Minum banyak air

Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka selulit akan semakin berkembang. Menurut Engelman, dehidrasi dapat membuat kulit menjadi lebih tipis dan lemah.

Kondisi kulit seperti inilah yang membuat selulit semakin berkembang.

Baca : Lebih Sehat dengan Cukup Minum Air

Selulit disebabkan oleh penumpukan lemak. Oleh karena itulah, berat badan yang berlebih bisa berkontribusi besar dalam masalah ini. Jadi, jika kita ingin meminimalisir munculnya selulit, olahraga teratur bisa menjadi solusinya.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Kita bisa menerapkan olahraga seperti berjalan, jogging, berenang, yoga dan sejenisnya. Lakukan kebiasan ini beberapa kali dalam seminggu.

4. Pijat area selulit

Kita bisa menghilangkan selulit dengan melakukan pijat di area tubuh yang bermasalah. Memijat area tubuh yang mengalami selulit bisa merangsang sirkulasi dan memecah lemak di bawah kulit. Melakukan pemijatan secara konsisten bisa menghilangkan masalah selulit secara perlahan.

"Menyikat dan memijat tubuh setiap hari dapat mempercepat aliran limfatik dan membantu menghilangkan racun yang membuat penumpukan lapisan lemak. Penumpukan lapisan lemak inilah yang menyebabkan peradangan dan akhirnya memperparah selulit," ucap Engelman.

5. Lakukan exofiliate 

Selain pijat, melakukan scrubbing pada tubuh yang bermasalah bisa menjadi alternatif lain. Kalian bisa melakukan scrub dengan bahan yang mengandung kafein, seperti bubuk kopi.

Ketika digunakan secara topikal, melakukan exofiliate dengan bubuk kopi dapat meminimalkan munculnya selulit dalam dua cara. Cara pertama yaitu dengan melakukan scrub pada kulit untuk menstimulasi aliran limfatik.

Kopi mengandung kafein yang dapat mengencangkan kulit. Sementara itu, minyak almon dapat membantu melembabkan kulit dan menghilangkan tonjolak lemak. Nah, jika kita menggabungkan kedua manfaat ini, maka hasilnya akan semakin maksimal.

Serum dan krim topikal dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi selulit. Manfaat ini juga bisa kita dapatkan pada bahan-bahan seperti kafein.

Oleh karena itu, Engelman merekomendasikan kita untuk menggunakan produk yang memiliki ekstrak kafein dan coraline atau ekstrak ganggang laut yang mampu meminimalkan sel-sel lemak.

Baca :Pakai Baju Renang dan Pamer Selulit, Ashley Graham Banjir Pujian

7. Pakailah celana kompresi yang ketat

Saat memakai pakaian renang atau pakaian olahraga lainnya- terutama yang berbahan spandex - tentu selulit di kulit akan semakin nampak.

Untuk mengatasinya, kita bisa memakai legging kompresi yang mampu membantu kita menutupi tampilan selulit.

Selain itu, celana kompresi juga membantu menjaga sirkulasi darah agar mengalir lancar menuju jantung, menjaga tubuh dari penumpukan cairan yang dapat memperburuk kondisi selulit.

Baca :Nike Pro Hijab, Agar Perempuan Berhijab Semakin Gemar Olahraga

8. Lakukan Self-Tanning

Engelman mengatakan bahwa taning adalah cara efektif untuk menutupi selulit. Menurutnya, tidak ada obat yang bekerja efektif untuk mengatasi selulit.

Kita hanya bisa berusaha untuk meminimalisir selulit dnegan olahraga dan menggunakan produk tertentu. Tentunya, ini membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasilnya. Jadi, cara tercepat untuk menyamarkan selulit adalah dengan melakukan self-tanning.

9. Lakukan perawatan resmi

Tentu saja, perawatan resmi akan membutuhkan biaya lebih daripada saat kita menggunakan krim topikal. Tapi, kalian akan benar-benar melihat hasilnya.

Arash Akhavan selaku pakar dermatologis bersertifikat dari Manhattan, menyarankan agar kita melakukan perawatan celfina untuk mengatasi masalah selulit.

Teknik pengobatan ini telah disahkan oleh badan pengawas obat dan makanan di Amerika. Selain itu, teknik perawatan ini mampu memotong jaringan penghubung lemak di paha dan bokong secara mikroskopis.

Jaringan tersebut yang menyebabkan munculnya tonjolan lemak, menarik lapisan kulit bagian dalam dan memunculkan kerutan di permukaan kulit.

"Setelah tonjolan lemak dianestesi dengan menggunakan jarum kecil, perangkat mikroskopis dimasukkan untuk memotong atau menghancurkan jaringan penghubung, sehingga jaringan fibrosa tidak dapat terhubung kembali," paparnya.

Menurut Dr. Akhavan, kita hanya perlu melakukan sekali saja prosedur perawatan ini. Hasil dari perawatan ini mampu bertahan hingga tiga tahun dan dapat terlihat hanya dalam 3 hari.

Namun ini adalah prosedur yang mahal. Oleh karena itu, Dr. Akhavan menyarankan kita untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perawatan ini.

Hanya untuk mengurangi 10 selulit saja, perawatan ini akan menelan biaya hingga 3500 dolar atau sekitar Rp 48 juta. Sementara untuk mengurangi 11-20 selulit, perawatan ini membutuhkan biaya 4500 dolar atau sekitar Rp 61,9 juta.

Kalian juga bisa menghabiskan biaya hingga 4500 dolar atau Rp 75,7 jika ingin menghilangkan lebih dari 20 selulit.

Menurut Dr Akhavan, efek samping dari perawatan ini adalah kulit yang bengkat dan sedikit memar. Tapi, kita masih bisa melanjutkan aktivitas fisik dan segera kembali pulih.

"Orang biasanya tidak mengambil cuti untuk itu," tambahnya

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/23/182928820/bermasalah-dengan-selulit-coba-lakukan-9-cara-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke