Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto Produk dan Barang Berbeda, Alasan Konsumen Takut Belanja Online

Salah satunya adalah karena foto produk kerap berbeda dengan tampilan fisik setelah barang itu dibeli.

Hal itu juga diungkapkan oleh CEO dan Co-Founder Sale Stock Indonesia, Lingga Madu saat mengenalkan layanan terbaru Sale Stock kepada media, Selasa (27/3/2018).

"Banyak dari 'Sista' ini belum pernah sama sekali belanja online. Punya Facebook, WA atau internet tapi belum pernah belanja online. Dan rata-rata alasannya dan ketakutannya, misalnya beli baju bahan rayon warna tosca ukuran L belum tentu sama dengan barangnya," ujar Lingga dalam paparannya di Tanamera, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (27/3).

Lingga menambahkan, untuk pembeli barang online di kota besar seperti Jakarta, alasan tersebut tak terlalu dominan jika dikaitkan dengan kebiasaan berbelanja.

"Kalau ditanya kenapa enggak belanja online. Alasannya, nanti gimana kalau ukuran enggak sama, bahan enggak sama," kata dia.

Alasan ini lah yang menginspirasi Sale Stock meluncurkan layanan Coba Dulu Baru Bayar (CDBB).

Layanan ini memungkinkn konsumen untuk mencoba dulu barang yang dipesannya sebelum membeli.

Nantinya, kurir yang mengantar pesanan akan menunggu sekitar 15 menit. Selama 15 menit tersebut konsumen diperbolehkan mencoba barang yang dipesannya.

"Kalau enggak cocok kembalikan, kalau cocok baru bayar," ujar Lingga.

Menurutnya, banyak orang tidak percaya dengan layanan tersebut. Namun ia bersyukur layanan CDBB bisa mendapatkan respons positif.

Saat ini, layanan CDBB sudah dilakukan di lebih dari 80 persen wilayah di Indonesia dan akan terus bertambah.

Jika tak memilih opsi pembayaran Cash on Delivery (COD), konsumen juga bisa memilih fasilitas gratis ongkos kirim dengan garansi 30 hari pengembalian barang.

Saat ini, mayoritas konsumen Sale Stock masih kepada perempuan atau Sista (sapaan akrab konsumen Sale Stock perempuan). Namun ke depannya Sale Stock berencana memperbanyak koleksi busana laki-laki.

Lingga menegaskan, pihaknya juga berupaya menyediakan produk fesyen berkualitas dengan harga terjangkau kepada semua konsumen di seluruh Indonesia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/27/183500620/foto-produk-dan-barang-berbeda-alasan-konsumen-takut-belanja-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke