Salin Artikel

Bagian Tubuh yang Paling Cepat Tunjukkan Tanda Penuaan

Tanda-tanda itu terlihat misalnya dari warna dan tekstur kulit yang mulai menunjukkan perubahan. Bagian mana saja kah itu?

1. Tangan

Tangan akan menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat, khususnya pada wanita. Dermatolog tersertifikasi, Kally Papantoniou, MD, FAAD menjelaakan, hal itu disebabkan oleh perubahan hormon yang mengurangi elastisitas kulit dan berkurangnya volume pada bagian punggung tangan.

"Perubahan ini juga menyebabkan tampilan kulit menurun dan urat-urat tangan terlihat jelas," kata Dr Papantoniou.

Selain itu, tangan juga sering tak terlindungi dari paparan sinar matahari sehingga proses penuaan tersebut lebih cepat terjadi.

Untuk meminimalisasinya, Dermatologis dan Asisten Klinik di Dermatologi UCLA, Ivy Lee, MD menyarankan untuk rajin menggunakan tabir surya dan mengenakan sarung tangan guna menghindari paparn sinar ultraviolet yang berbahaya.

2. Mata

Apakah kamu pernah mendengar istilah 'laugh lines' atau garis senyum? Dr Papantoniou menjelaskan, garis wajah tersebut terbentuk pada kulit sekitar mata yang memiliki tekstur lebih tipis dan akan memunculkan kerutan jika melakukan sejumlah kebiasaan seperti tersenyum atau memicingkan mata saat terkena paparan sinar matahari.

Kebanyakan tabir surya mengandung formula tertentu sehingga tak diperkenankan jika diaplikasikan ke sekitar mata.

Oleh karena itu, untuk melindungi paparan sinar matahari gunakan lah kacamata yang menawarkan proteksi ganda, seperti menahan sinar ultraviolet dan meminimalisasi kita untuk memicingkan mata.

3. Bibir

Garis-garis halus di sekitar bibir seringkali terbentuk setelah garis di mata dan dahi. Dr Papantoniou mengatakan, paparan sinar matahari menjadi salah satu alasannya.

Di samping itu ada pula kebiasaan yang menunjang terbentuknya kerutan itu, seperti minum dari sedotan dan botol air minum.

4. Dahi

Banyak mengerutkan dahi menjadi salah satu faktor munculnya kerutan. Dahi menjadi salah satu bagian wajah yang paling cepat menunjukkan tanda penuaan.

Untuk menyamarkannya, kamu bisa menggunakan produk-produk perawatan wajah yang mengandung retinol untuk meningkatkan jumlah kolagen wajah sehingga kerutan berkurang.

Selain itu, lakukan eksfoliasi wajah rutin untuk menghilangkan kulit mati dan membuat kulit wajah tampak lebih bersinar.

5. Leher

Seringkali kita lupa mengaplikasikan tabir surya ke bagian leher, sehingga leher menjadi banyak terpapar sinar ultraviolet.

Menggunakan tabir surya secara rutin bisa meminimalisasi kerusakan kulit, namun tak bisa menghindari tanda-tanda penuaan.

'Leher kalkun' biasa dijadikan istilah untuk kulit di bagian bawah dagu dan leher bagian atas.

"Bagian ini muncul karena mengendurnya dan berkurangnya volume kulit," kata Dr Papantoniou.

Jika kondisi tersebut dirasa mengganggu, ia menyarankan perawatan menggunakan ultrasound untuk mengencangkan wajah.

6. Dada

Garis leher yang dalam memberikan kesan area dada yang lebih terbuka dan mudah terpapar sinar ultraviolet.

Dr Lee menjelaskan, beberapa tandanya mulai dari flek wajah hingga perubahan warna kulit.

Jika tidak ingin lebih parah, Dr Lee menganjurkan pemakaian tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 yang mengandung titanium dioxide atau zinc dioxide setiap mau keluar rumah.

7. Lutut

Kulit pada bagian lutut biasanya mulai mengendur sebelum bagian kaki lainnya. Dr Lee mengatakan, pada bagian tersebut terdapat otot tendon dan ligamen namun tak memiliki lemak dan otot.

Jika kamu merasakan lutut mulai mengendur, cukup menggunakan produk perawatan kulit seperti pelembab yang mengandung Salicylic acid dan urea.

8. Siku

Seperti lutut, siku juga terdiri dari tulang tanpa lemak dan otot yang membuatnya mudah keriput. Orang juga sering bersandar menggunakan siku yang membuat berat tubuh tertumpu di bagian tersebut.

Dr Lee menganjurkan penggunan pelembab dengan kandungan salicylic acid atau urea secara rutin untuk menunjang peremajaan kulit.

9. Rambut

Profesor Dermatologi Stanford University Anthony Oro kepada Good Housekeeping menjelaskan, pada usia 50, setengah dari populasi manusia mulai memiliki rambut yang memutih. Meskipun bagi sebagian orang tanda ini sudah terjadi di usia 30an.

Rambut putih tersebut juga cenderung lebih tipis daripada rambut normal namun terasa lebih tebal karena kulit kepala memproduksi minyak lebih sedikit sehingga rambut lebih kering.


https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/29/144158820/bagian-tubuh-yang-paling-cepat-tunjukkan-tanda-penuaan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.