Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melabeli Diri Insomnia Justru Perburuk Kondisi Tidur

Dampak kurang tidur yang paling mudah terlihat adalah bad mood, kulit kusam, perfoma yang buruk hingga kelelahan. 

Walau kita sering kurang mendapatkan cukup tidur, jangan lantas menyebut diri insomnia. Apalagi jika dilakukan terus-menerus, justru membuat masalah tidur makin parah.

Dalam studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Behavior Research and Therapy, psikolog Kenneth Lichstein menyebutkan, insomnia tak sekadar gangguan tidur, tapi juga gangguan appraisal kognitif.

Studi yang berjudul "Insomnia Identity" meneliti perbedaan antara label dan kondisi insomnia yang sebenarnya.

“Mungkin ada banyak orang di luar sana menderita (insomia) karena label yang diciptakan sendiri, daripada memang benar-benar menderita kondisi tersebut,” tulis Lichstein seperti dikutip dari Readers Digest.

Studi ini mengkaji 20 penelitian yang mengukur kondisi kekurangan tidur dan kondisi insomnia karena label mereka sendiri. Hasilnya, ada sangat sedikit tumpang tindih di antara keduanya. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memang kekurangan tidur tidak  melabeli diri mereka sebagai penderita insomnia.  Karena itu, mereka tidak mengalami kelelahan atau kecemasan di hari berikutnya.

Studi lain juga menemukan, terlepas dari fakta kurang tidur biasanya terkait dengan risiko kenaikan tekanan darah tinggi, orang-orang yang tidak melabeli diri mereka sebagai penderita insomnia tidak mengalami kondisi tersebut.

Sebaliknya, studi menemukan orang yang tidur nyenyak tetapi menganggap diri penderita insomnia cenderung bangun dengan kelelahan, depresi, kecemasan, dan hipertensi.

Temuan Lichstein mengungkapkan realitas yang sangat menarik, di mana meskipun tidur adalah fungsi biologis, kita dapat mengelabui otak sementara waktu dengan berpikir jika mengalami insomnia dan mengalami dampaknya, atau berpikir tidur nyenyak dan bangun dengan keadaan segar setiap pagi.

“Merasa khawatir terus menerus dengan tidur yang buruk merupakan patogen yang lebih kuat daripada gangguan tidur sebenarnya. Persepsi tersebut menciptakan realitas,” ungkapnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/12/121400020/melabeli-diri-insomnia-justru-perburuk-kondisi-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke