Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kiat Menangkal Efek Penuaan Kulit

KOMPAS.com - Kulit kering, keriput di wajah, dan garis-garis halus di sekitar mata adalah tanda-tanda penuaan yang paling klasik. Penuaan tidak bisa dicegah, tapi kita bisa memperlambat prosesnya dengan melakukan perawatan anti aging yang tepat mulai hari ini.

Apa yang harus dilakukan? Berikut perawatan anti aging yang wajib kita lakukan setiap hari untuk memperlambat proses penuaan kulit.

1. Lindungi kulit dari matahari

Ada banyak bukti medis yang melaporkan bahwa paparan sinar UV dapat merusak kesehatan kulit. Langkah yang harus kita lakukan untuk melindungi kulit dari radiasi UV adalah:

2. Pakai pelembap setiap hari

Untuk merawat kulit, gunakan selalu pelembap untuk menjaga kulit tetap sehat dan kenyal. Pelembap bekerja memerangkap kelembapan pada lapisan luar kulit dan menarik uap air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke lapisan kulit luar.

The American Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan pelembap wajah setelah mandi agar kulit yang masih lembap dapat mengikat cairan dengan baik. Untuk hasil terbaik, gunakan pelembap di bagian wajah, badan, dan bibir.

3. Rajin cuci muka

Kita cukup mencuci muka setidaknya 2 kali sehari, di pagi dan malam hari.

Ingat, cara mencuci muka dapat memengaruhi tampilan wajah. Jika kamu hanya beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai makeup, dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bersihkan wajah dengan air hangat (suam-suam kuku) dan pembersih ringan, bukan sabun. Selain itu, hindari pula menggosok kulit terlalu keras.

4. Perhatikan asupan makan

Hindari apapun yang dapat membuat dehidrasi, seperti alkohol dan kafein dalam jumlah berlebihan. Hindari pula mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana secara berlebih karena dapat meningkatkan risiko penuaan dini.

Perbanyaknya asupan protein seperti ikan, daging tanpa lemak, serta kacang-kacangan untuk merangsang produksi kolagen. Selain itu, tingkatkan juga asupan makanan tinggi vitamin C dari buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menjaga kulit agar tetap awet muda.

5. Tidur yang cukup

Tidur cukup membantu tubuh kita memproduksi cukup HGH atau Human Growth Hormone yang dapat mempertahankan elastisitas kulit sehingga mencegah munculnya keriput. Yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk menghindari segala hal yang dapat menyebabkan stres.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/17/105320520/5-kiat-menangkal-efek-penuaan-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke