Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mudah Mengecilkan Perut Buncit

Jangan panik. Ada beberapa tips mudah yang bisa kamua lakukan untuk mulai mengecilkan perut buncit. Apa saja?

Lemak perut atau lemak visceral adalah jenis lemak yang berada di sekitar organ dalam tubuh kita. Meski keberadaannya terkesan mengganggu, namun lemak perut dibutuhkan karena memberikan bantalan untuk organ-organ penting di dalam tubuh.

Sayangnya, jika lemak perut menumpuk terlalu banyak, ini dapat berdampak pada kesehatan tubuh kita.

Lalu ketika perut buncit sudah mengganggu penampilan, kebanyakan orang akan berupaya keras untuk menghilangkannya.

Namun seringkali, meskipun sudah berjam-jam olahraga atau menahan lapar, lemak perut tidak kunjung menghilang.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengecilkan perut buncit adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan:

Terlalu banyak konsumsi makanan prosesan

Makanan prosesan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang dapat mencegah munculnya lemak perut.

Mengonsumsi jenis makanan berlemak yang salah

Nyatanya, tubuh tidak menunjukkan reaksi yang sama terhadap semua jenis asupan lemak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingginya asupan lemak jenuh (seperti daging dan susu) dapat meningkatkan penumpukan lemak di perut.

Sementara lemak tak jenuh (minyak zaitun dan alpukat) justru memiliki efek anti-peradangan yang berdampak baik pada tubuh.

Kurang tidur dan stres

Keduanya ternyata dapat memicu tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat membuat tubuh menyimpan lemak di bagian tengah tubuh.

Kurang olahraga

Sama halnya dengan masalah penumpukan lemak di bagian tubuh lain, lemak perut tidak dapat dihilangkan begitu saja.

Untuk mengecilkan perut buncit, kamu perlu melakukan kombinasi pola makan sehat dan olahraga rutin yang memfokuskan latihan di semua area tubuh di mana ada penumpukan lemak tubuh — bukan cuma konsentrasi di perut.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk memberantas lemak perut yang membandel?

1. Batasi konsumsi gula

Meskipun menambah nikmat makanan/minuman yang kita konsumsi, gula mengandung fruktosa yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa terdapat hubungan antara asupan gula tinggi dengan peningkatan lemak perut.

2. Batasi konsumsi karbohidrat

Studi menemukan bahwa ketika kita membatasi konsumsi karbohidrat, hal tersebut dapat menurunkan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Selain itu, konsumsi rendah karbohidrat juga dapat mencegah diabetes tipe 2.

3. Perbanyak konsumsi protein

Protein (seperti daging, ikan, telur, susu atau kacang) adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengendalikan berat badan.

Asupan protein tinggi dapat meningkatkan pelepasan hormon yang dapat mengurangi nafsu makan dan menandakan bahwa kita sudah kenyang.

Protein juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang konsumsi lebih banyak protein cenderung memiliki lemak perut lebih sedikit dibandingkan orang yang konsumsi protein hanya sedikit.

4. Hindari stres

Stres dapat memicu kelenjar adrenal untuk menghasilkan hormon stres kortisol. Tingkat kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Terlebih lagi, wanita yang sudah dari awal memiliki ukuran pinggang besar cenderung menghasilkan lebih banyak kortisol dalam respon terhadap stres.

Peningkatan kortisol menambah peluang lemak menumpuk di sekitar bagian tengah tubuh. Oleh karena itu, upaya mengecilkan perut buncit sebenarnya sederhana saja.

Di samping menjaga pola makan, kita juga cukup melakukan hal-hal yang kita senangi untuk mengurangi stress (seperti nonton film, liburan, olahraga, dll).

5. Latihan aerobik

Latihan aerobik (kardio) dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan membakar kalori. Studi juga menemukan bahwa aerobik adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi lemak perut.

Dan terlepas dari intensitas aerobik kita, yang terpenting adalah seberapa banyak/rutin berolahraga.

Sebuah studi menemukan wanita usia menopause kehilangan lebih banyak lemak dari semua daerah tubuh ketika melakukan latihan aerobik selama 300 menit per minggu dibandingkan dengan yang 150 menit per minggu.

6. Tidur yang cukup

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur cenderung memicu bertambahnya berat badan — termasuk lemak di perut.

Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/24/121200420/tips-mudah-mengecilkan-perut-buncit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke