Salin Artikel

Ketika Warga Korban Gunung Sinabung Diberi Bantuan Kesehatan Kulit

KARO, KOMPAS.com - Warga Desa Batukarang, Kabupaten Karo, Sumatera Utara mendapatkan bantuan kesehatan kulit, Sabtu (28/4/2018).

Bantuan lewat Vaseline Healing Project ini diberikan kepada 150 warga dengan membagikan obat-obatan, Vaseline Repairing Jelly, dan sembako dengan jumlah total 800 kilogram.

Pemilihan Desa Batukarang bukan tanpa sebab.

Desa Batukarang adalah kawasan dengan jumlah kepadatan penduduk tertinggi yang terkena dampak berat bencana erupsi Gunung Sinabung.

Selain itu, bantuan yang diterima masyarakat di sana pun tergolong masih sangat minim.

Warga setempat tidak memiliki sumber air bersih dari PDAM sejak 2010, atau sejak erupsi pertama kali terjadi.

Akibatnya, berbagai permasalahan kesehatan pun bermunculan, seperti infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), diare, dan beragam masalah kesehatan kulit, seperti eksim, kulit kering hingga skabies.

Belum lagi ketersediaan tenaga medis yang terbatas, serta ketidakmampuan masyarakat mengeluarkan biaya untuk datang ke Puskesmas, menjadi penghalang.

Brand Manager Vaseline Indonesia Mahnessa Siregar mengungkapkan, kulit sehat berhak dimiliki semua orang, termasuk para warga yang tinggal di daerah bencana.

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah bencana, gangguan kulit yang paling sederhana dan sebenarnya dapat dicegah ternyata masih sering diderita.

"Akibatnya, kondisi ini menyulitkan mereka dalam menjalani keseharian, yang tentunya juga akan memengaruhi produktivitas dan kualitas hidup," ungkap Mahnessa.

Program lanjutan

Pemberian bantuan ini merupakan kali kedua di Indonesia.

Program pertama dilakukan digelar di Kabupaten Bangkalan, Madura pada Januari lalu.

Selain memberikan layanan kesehatan kulit, 154 warga Bangkalan juga diberikan produk Vaseline Repairing Jelly dan obat-obatan lainnya.

Vaseline juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo juga mengadakan sesi Training of Trainers mengenai kesehatan kulit.

Pelatihan ini ditujukan kepada para petugas kesehatan, sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pengentasan masalah kulit masyarakat yang lebih luas.

Dianggap mumpuni

Program yang diawali tahun 2015 ini didasarkan pada pengalaman dua orang ahli dermatologi Dr. Grace Bandow dan Dr. Samer Jaber saat melakukan misi kemanusiaan ke Yordania.

Kandungan petrolatum pada Vaseline Repairing Jelly dianggap berguna untuk memperbaiki kondisi kulit, seperti melembapkan kulit yang ekstra kering, mempercepat penyembuhan luka, dan lainnya.

Selain itu, di tengah himpitan masalah yang mereka hadapi, stres merupakan sesuatu yang sering mereka alami, dan kondisi ini dapat memicu masalah kulit seperti eksim.

Kandungan petrolatum juga mampu memperbaiki dan meminimalisasi kambuhnya masalah eksim ini.

Berangkat dari fakta tersebut, Vaseline dan Direct Relief akhirnya secara berkelanjutan menyelenggarakan ”Vaseline Healing Project” dengan menyediakan Vaseline Repairing Jelly dan obat-obatan lainnya.

Barang-barang itu diberikan kepada orang-orang di daerah miskin atau terkena krisis dan bencana di seluruh belahan dunia.

Secara global, program ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi kulit lima juta orang di seluruh dunia pada tahun 2020, sebagai bagian dari komitmen Unilever Sustainable Living Plan. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/28/203046820/ketika-warga-korban-gunung-sinabung-diberi-bantuan-kesehatan-kulit

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.