Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Pakai Masker Wajah Setiap Hari Bikin Kulit Lebih Mulus?

KOMPAS.com - Masker wajah mungkin menjadi salah satu produk skin care favorit kamu. Pasalnya, masker kerap menjanjikan kulit menjadi kian mulus dan bersih.

Saking menjanjikannya, banyak orang, termasuk pria, rutin pakai masker wajah, bahkan ada yang setiap hari. Namun, apakah dampaknya untuk kesehatan wajah?

Menurut Dr. Marie Nussbaum, seorang asisten profesor dermatologi di Cornell Weill Hospital New York, masker wajah memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, kulit kemerahan, hingga jerawat yang membandel.

Tidak hanya itu, masker juga dapat membantu menjaga kelembapan wajah, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat kotoran, minyak, serta sisa makeup yang menumpuk di wajah.

Menurut dokter kecantikan Kardiana Purnama Dewi, fungsi utama pemakaian masker wajah adalah untuk menambah kadar air di wajah dan menyerap minyak berlebih.

Namun, terlalu lama pakai masker wajah justru akan memberikan efek sebaliknya, yaitu menghilangkan kelembapan alami wajah.

Kalau kita rutin pakai masker wajah setiap hari, ini artinya masker akan menyerap minyak di wajah secara terus-menerus, bahkan sampai menyerap minyak alami di kulit wajah.

Apalagi jika memiliki masalah kulit kering, pakai masker wajah setiap hari justru membuat kulit semakin mengering dan menghilangkan kelembapan alami wajah.

Faktanya, banyak yang menganggap bahwa khasiat masker akan lebih maksimal bila diaplikasikan dalam waktu yang lama hingga berjam-jam, bahkan sampai semalaman.

Alih-alih mengembalikan kelembapan kulit, cara ini hanya akan membuat kulit kian mengering karena terlalu lama terkena udara yang bercampur dengan masker.

Pada dasarnya, penggunaan dan jenis masker yang digunakan tergantung pada tipe kulit yang kita miliki. Ambil contoh, orang yang memiliki kulit kombinasi yang cenderung berminyak di area T-zone dan cenderung kering di bagian pipi.

Nah, masalah kulit kombinasi ini bisa diredakan dengan menggunakan masker tanah liat (clay mask), masker berbentuk lembaran (sheet mask), dan sleeping mask.

Namun, masker-masker tersebut tentu tidak dipakai setiap hari berturut-turut, hanya mengikuti aturan yang tertera pada label produk.

Waktu terbaik untuk pakai masker wajah

Masker wajah sebaiknya cukup digunakan 1 sampai 2 kali seminggu selama 20 menit. Hal ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah bernapas dan menjaga keseimbangan minyak agar tidak berlebih atau terlalu kering.

Sebelum pakai masker, pastikan membaca daftar kandungan pada label produk. Kalau kamu menemukan kandungan alkohol di dalamnya, segera beralihlah ke produk lainnya. Pasalnya, alkohol dapat membuat kulit wajah terasa kering.

Selain itu di waktu yang bersamaan, kulit wajah akan memproduksi banyak minyak untuk menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit. Alhasil, kulitmalah akan berminyak sekaligus kering di waktu yang bersamaan.

Kalaupun ingin mengkuti jejak selebriti ternama dengan kebiasaannya pakai masker wajah setiap hari, ingatlah bahwa jenis kulit dan rutinitas tia[ orang berbeda.

Artinya, efek dari pakai masker wajah setiap hari tentu tidak menjamin terjadi juga pada diri kamu.

Jadi, cukup gunakan masker wajah satu sampai dua kali seminggu dan barengi dengan perbanyak minum air putih serta tidur yang cukup. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah bersinar sepanjang hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/29/104226420/apakah-pakai-masker-wajah-setiap-hari-bikin-kulit-lebih-mulus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke