Salin Artikel

Putri Diana, "Influencer" Fashion Paling Berpengaruh

Kita tahu bagaimana Kate Middleton menjadi sorotan sejak sebelum menikah dengan Pangeran William dan pengaruhnya pada tren mode, termasuk Meghan Markle yang dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan dengan Pangeran Harry.

Segala hal yang dipakai Kate dan Meghan, mulai dari aksesori, pakaian hingga gaya hidup Markle kini laris diburu para wanita yang ingin tampil seperti mereka.

Namun, penelitian terbaru e-tailer Lyst mengungkap bahwa gaya ikonik Putri Diana lah yang memberikan dampak terbesar pada mode hari ini.

Studi interaktif Lyst mengamati fesyen keluarga Kerajaan Inggris pada satu abad ke belakang. Mencatat momen fashion mana sajakah yang paling dingat dan bagaimana jejaknya tetap tinggal pada gaya berbusana saat ini.

Editor Lyst, Charlotte Austin kemudian menobatkan Putri Di sebagai pemenangnya.

"Lyst mendalami berapa lama 'ripple effect' dari gaya busana keluarga kerajaan yang kemudian menjadi tren selama beberapa tahun. Dari riset kami, Putri Diana adalah yang paling berpengaruh," kata Austin.

'Efek' Diana dinilai bertahan hingga saat ini di kalangan para pecinta mode.

Lebih jauh, studi tersebut mengungkap jenis-jenis pakaian mana saja yang sempat dikenakan Putri Diana dan menjadi tren hingga saat ini.

1. Perhiasan mutiara

Putri Diana dikenal luas dengan koleksi aksesori mutiaranya. Mulai dari tiara, choker hingga kalung yang dikenakannya. Perhiasan-perhiasan itu masih diminati hingga saat ini.

Sepasang anting yang dikenakan Kate Middleton pun terlihat sangat mirip dengan anting mutiara yang sering digunakan Diana.

Tren itu kembali lagi, misalnya lewat sepatu berhias mutiara atau aksesori lainnya. Bahkan, aktris ternama Lupita Nyong'o mengunggah foto dirinya mengenakan celana berhias mutiara di akun Instagramnya.

Tren lainnya adalah revenge dress. Sebuah dress dengan bagian bahu terbuka dan bagian lengan yang sejajar dengan bagian dada, yang pernah dikenakan Diana pada saat hubungan Pangeran Charles dan Camilla Parker-Bowles terungkap.

Ini semakin mengukuhkannya sebagai wanita keluarga kerajaan dengan mode paling berpengaruh. Menurut laporn Lyst, saat ini, banyak wnita di dunia mencari jenis dress tersebut saat berbelanja.

3. Power shoulders

Dalam beberapa tahun ke belakang power shoulders (pakaian dengan bahu lebar) kerap diasosiasikan dengan Hillary Clinton pada masa Pemilihan Presiden 2016. Padahal, jauh sebelum itu Putri Dian telah memakainya.

Lyst melaporkan, pakaian dengan padded yang mengesankan bahu lebih lebar menjadi item yang semakin banyak dicari.

4. Velvet biru

Sebelum penyanyi Lana del Rey mempopulerkan velvet biru lewat lagunya, Putri Diana sudah memakai gaun yang dikenal dengan sebutan 'Travolta Dress'

Gaun tersebut tak hanya menjadi tren mode pada Spring-Summer 2018, tapi juga menjadi salah satu yang paling banyak dicari akhir tahun lalu.


https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/04/100800320/putri-diana-influencer-fashion-paling-berpengaruh

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.