Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menghindari Kejenuhan Seks Pasangan yang Sudah Lama Menikah

Semakin bertambahnya usia pernikahan, seks sering dianggap sebagai rutinitas yang akhirnya menimbulkan kejenuhan.

Pasangan di era modern ini sama-sama memiliki aktivitas yang padat. Begitu sibuknya, tanpa sadar kita menomorduakan hubungan di tempat tidur.

Bahkan, sebagian perempuan menganggap seks hanya sebagai rutinitas. Energi yang habis setelah seharian beraktivitas juga membuat banyak pasangan memilih gaya bercinta yang itu-itu saja. Tak heran jika terjadi penurunan gairah.

"Ini berbahaya sekali karena emotional bonding dengan pasangan sangat penting. Kita seharusnya bisa meningkatkan gairah dan menjaga hubungan tidak cuma di awal pernikahan, tapi sepanjang usia," kata psikolog Ajeng Raviando, MPsi dalam acara talkshow "Istri Resik Pernikahan Harmonis" di Jakarta, Senin (7/5).

Ajeng mengatakan, seks bukan cuma urusan fisik. "Ada sentuhan, belaian, dan keintiman. Ini hal yang sangat krusial dalam pernikahan," ujarnya.

Menurutnya, keterbukaan dan komunikasi dengan pasangan harus selalu dijaga, termasuk dalam mengutarakan keinginan dan kebutuhan kita terhadap hubungan seks.

"Tentu saja dalam mengutarakan sesuatu sebaiknya dengan afirmasi positif sehingga tidak ada yang tersinggung," saran Ajeng.

"Hubungan intim menurutku sangat terkait dengan keharmonisan rumah tangga. Suami istri tanpa hubungan intim lama-kelamaan kayak sahabat pena," kata wanita yang sudah menikah enam tahun ini.

Soraya mengaku selalu berusaha memberi perhatian kepada suaminya walau terlihat sepele. Salah satunya adalah dengan menjaga penampilan dan kebersihan diri.

"Termasuk kebersihan organ intim, kalau kita tidak bisa menjaga, bagaimana suami mau tertarik," ujar ibu dua anak ini.

Menurut senior brand manager PT.Kino Indonesia, Yuna Eka Kristina, bau yang tidak sedap merupakan salah satu penyebab menurunnya kepercayaan diri wanita saat berhubungan intim.

"Memahami kesibukan wanita masa kini, Kino mengeluarkan produk Resik V Godokan Sirih yang praktis digunakan untuk menjaga area kewanitaan, terutama di masa menstruasi dan saat daerah kewanitaan lembab," kata Yuna.

Ia menyebutkan, godokan sirih adalah antiseptik alami yang sudah dipakai turun-temurun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/08/110000620/menghindari-kejenuhan-seks-pasangan-yang-sudah-lama-menikah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke