Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Permintaan Kosmetik Tinggi, Kemana Konsumen Lebih Suka Berbelanja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan produk kosmetik terus meningkat setiap tahunnya. Presiden Direktur PT Mustika Ratu, Tbk, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan, jumlah pembeli millenial dengan rentang usia 18-35 tahun sangat besar.

Pasar millenial juga menurutnya sangat mendominasi industri kosmetik. Di sisi lain, pola belanja millenial juga cenderung beralih ke online.

Hal itu diungkapkan Putri dalam peluncuran kolaborasi rangkaian produk kosmetik "Beauty Box Mustika Ratu Beauty Queen Series" bersama Tokopedia, di Jakarta, Jumat (11/5/2018).

"Offline store banyak sudah turun. Anak saya hampir enggak pernah belanja di toko. Mustika Ratu meluncurkan line ini juga mainly untuk millenial dan kami harus melihat pola belanjanya seperti apa," kata Putri.

Menurutnya, ada pergeseran pola belanja kosmetik di masyarakat. Pola belanja online dianggap membuat penjualan kosmetik di department store dan supermarket menurun.

Meski lebih memilih membeli kosmetik secara online, namun tak semua penjualan kosmetik di toko offline menurun.

Sementara outlet lainnya yang fokus menjual kosmetik, misalnya Sephora.

"Sekarang kita bisa lihat 70 persen produk yang dipasarkan kosmetik. Itu menunjukkan orang punya kebiasaan ke sana, sementara supermarket terus turun," tuturnya.

Putri menambahkan, pola tersebut menunjukkan bahwa permintaan kosmetik terus meningkat setiap tahunnya.

Ditambah lagi dengan banyaknya penjual kosmetik di media sosial dan figur-figur pesohor yang ikut mempromosikannya.

"Jadi kosmetik di supermarket turun tapi di tempat-tempat tertentu naik. Produsen seperti kami harus fokus melihat perkembangan itu," kata Putri.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/11/212100320/permintaan-kosmetik-tinggi-kemana-konsumen-lebih-suka-berbelanja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke