Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya, Jangan Bertengkar Lewat Chat

Chat memang memudahkan komunikasi pasangan, tapi hati-hati dengan penggunaannya. Ternyata, bertengkar lewat chat bisa mengancam hubungan kamu dan pasangan. Kalau tidak percaya, silakan simak lima alasan berikut.

1. Chat bukan tempat bicara panjang lebar

Tak ada pertengkaran pasangan yang singkat. Ketika sedang berdebat, kamu dan pasangan pasti ingin menyampaikan banyak hal, dan chat sangatlah tidak efektif untuk bertengkar dan berbicara panjang lebar.

Bisa-bisa karena terlalu sibuk mengetik, malahjadi lupa poin yang sebenarnya ingin kita sampaikan tadi.

2. Kemungkinan terjadi salah kaprah lebih besar

Pertukaran pesan di chat room bisa disalahartikan dengan mudah sebab kamu tak tahu nada bicaranya, ekspresi wajahnya, atau penekanan kata pada kalimat-kalimat yang pasangan Moms ucapkan. Yang ada pertengkaran kamu malah jadi tambah panas.

3. Bisa diabaikan begitu saja

Mengabaikan pesan dari satu sama lain saat sedang bertengkar memang tidak sopan, tapi tetap saja hal ini kerap terjadi.

Kalau salah satu sudah malas, kamu atau dirinya bisa saja meletakkan smartphone dan justru melakukan hal lain. Padahal, yang satunya sedang berapi-api di ujung sana. Sangat tidak menyelesaikan masalah, bukan?

4. Memakan waktu lebih lama

Percakapan yang seharusnya bisa dilakukan dalam waktu sepuluh menit ketika bertatapan langsung bisa jadi sangat panjang lewat chat, hingga empat puluh lima menit karena kamu harus menunggu dia mengetik jawaban.

Kamu sendiri juga mengetik, menghapus, mengetik ulang, dan menghapus lagi kata-kata sebelum dikirim. Belum lagi kalau sinyal tiba-tiba hilang. Pertengkaran seperti ini hanya akan buang-buang waktu saja.

5. Jalan pintas untuk menghindari konfrontasi

Jika persoalan yang kamu dan pasangan hadapi bisa sampai memicu pertengkaran, berarti masalahnya cukup serius. Justru saat inilah, melalui konfrontasi, cinta kamu berdua diuji dan diasah supaya lebih kuat lagi.

Namun, bertengkar lewat chat berarti kamu tidak menganggap penting masalah yang sedang berlangsung. Kamu dan pasangan justru memilih untuk ‘bersembunyi’ di balik layar dan menghindari konfrontasi langsung. Bagaimana kamu berdua akan menghadapi pertengkaran yang lebih serius nantinya?

Artikel ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Orami.co.id

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/13/190000120/bahaya-jangan-bertengkar-lewat-chat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke