Salin Artikel

10 Profesi yang Paling Disukai Psikopat

Dalam Diagnositic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM-5) yang menjadi acuan para psikolog dan psikiater, orang yang memiliki tipe kepribadian psikopat punya ciri utama antisosial sehingga punya gangguan dalam berpikir, memahami situasi, dan berhubungan dengan orang lain.

Orang dengan gangguan kepribadian psikopat sangat pintar memanipulasi orang lain dan sering mengabaikan hak-hak, keinginan, dan perasaan orang lain.

Dalam dunia kerja psikopat ternyata sering berada di posisi pimpinan. Ini karena mereka berkarisma, tidak gampang takut, bahkan tergolong kejam.

Mereka sangat ahli membuat keputusan yang cepat, tapi tidak punya rasa empati seperti halnya perawat atau terapis.

Psikolog dari Inggris, Kevin Dutton, yang punya spesialisasi tentang psikopat, dalam bukunya “The Wisdom of Psychopaths: What Saints, Spies, and Serial Killers Can Teach Us About Success,” mengungkapkan daftar pekerjaan yang lebih disukai psikopat.

Berikut adalah 10 pilihan karir yang disukai psikopat.

10. Pegawai pemerintah
Menjadi pegawai pemerintah adalah pilihan karir terpopuler nomer-10 bagi para psikopat, menurut Dutton.

Pada tahun 2014, pemerintah Inggris Raya menyebut merekrut psikopat karena mereka "sangat bagus saat menghadapi krisis" dan "tidak punya perasaan", atau moral, serta cenderung cerdas dan logis.

9. Chef
Sebagian besar psikopat tidak berniat melukai orang lain, jadi jangan terlalu takut dengan chef yang bekerja di dapur dekat dengan api dan pisau.

Psikopat biasanya mampu menghadapi kekacauan dibanding orang biasa, sehingga wajar jika mereka lebih ahli bekerja di dapur yang sibuk.

8. Agamawan
Menurut mantan anggota FBI Joe Navarro, ada beberapa alasan mengapa banyak pemuka agama yang sebenarnya psikopat. Salah satunya adalah karena organisasi agama menjadi tempat yang pas bagi psikopat untuk memanipulasi orang lain.

5. Dokter bedah
Penelitian menunjukkan, sebagian dokter bedah yang mengajar di rumah sakit memiliki skor tinggi dalam hal kepribadian psikopat. Salah satu penjelasannya adalah karena mereka lebih kebal stres. Dokter bedah juga harus bisa membuat keputusan sulit dalam waktu cepat setiap harinya.

4. Tim sales
Orang dengan kepribadian psikopat yang bekerja di bidang penjualan dan marketing mungkin menunjukkan sifat seperti sering mempromosikan diri, mencuri kontrak orang lain, dan hasrat tinggi untuk menghasilkan uang.

3. Pekerja media di TV atau radio
Beberapa psikopat juga menunjukkan sifat narsistik, yang tak diragukan berguna dalam pekerjaan yang butuh perhatian publik. Pekerjaan di bidang ini diminati psikopat karena presenter atau penyiar harus tetap tenang dalam tekanan.

2. Pengacara
Menurut jaksa Ruth Lee Johnson di Amerika, sifat psikopat seperti percaya diri, berhati dingin, dan bisa memengaruhi orang, berguna bagi profesi pengacara.

1. CEO
Seorang psikopat memiliki keunggulan berupa "resilien pada kekacauan". Ini berarti mereka harus tetap tenang dalam tekanan yang besar. Mereka juga terkadang menciptakan kekacuan bagi orang lain, sehingga pribadinya menonjol di lingkungannya. Sebagian psikopat memakai metode ini untuk menaiki tangga karier.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/18/070000620/10-profesi-yang-paling-disukai-psikopat

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.