Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Makanan yang Bisa Bikin Kulit Berkilau Alami

KOMPAS.com - Para beauty junkie mungkin sudah tahu bahwa ada sejumlah makanan yang bisa membuat kulit kita glowing alias berkilau alami. Pangan tersebut mengandung antioksidan, vitamin dan nutrisi tinggi.

Jika dipadukan dengan pemakaian tabir surya dan perawatan kulit rutin, maka kulit bisa berkilau lebih indah.

Rutin mengkonsumsinya akan membuatmu tak perlu repot-repot mendatangi klinik kecantikan untuk memiliki kulit yang cantik.

Makanan apa sajakah itu?

1. Sitrus

CEO dan founder perawan kulit MMXV INFITIUDE, Mirela Mitan, Ph.D menjelaskan, vitamin C yang terkandung di dalamnya bisa membantu produksi kolagen di kulit.

"Asupan vitamin C adalah elemen kunci untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut," ujar Mintan.

Selain itu, Vitamin C juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu menangkal kerusakan kulit akibat sinar matahari, garis halus, dan hiperpigmentasi.

Artinya, menjadi rutinitas yang baik jika kita mengkonsumsi jeruk sekaligus mengaplikasikan serum wajah dengan kandungan sitrus.

2. Blueberry

Blkuebery mengandung antosianin yang bermanfaat untuk memerangi kanker dan bioflainoid yang berfungsi mencegah peradagang.

Mitan mengatakan, mengkonsumsi blueberry juga bisa membersihkan racun di kulit, seperti radikal bebas, yang masuk dari luar.

3. Teh hijau

Creator BetterThaDieting.com, Bonnie Taub-Dix, R.D.N menjelaskan, kandungan ini juga mampu memperlancar aliran darah ke kulit.

Studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutritional Biochemistry pada 2007 menemukan bahwa meminum dua hingga enam cangkir teh hijau dalam sehari bisa mencegah kanker kulit.

Meski begitu, konsumsi teh hijau tetap harus dibarengi dengan penggunaan tabir surya sebagai pelindung kulit.

4. Bayam

Menurut Mitan, vitamin E dan beta karoten yang terkandung dalam bayam mampu melindungi sel kulit dari kerusakan paparan radikal bebas.

Di samping itu, kandungan air dalam sayuran hijau bisa membuat kulit lebih kenyal dan meminimalisasi kerutan.

5. Ubi

Faktanya, sebuah studi di The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa partisipan yang mengkonsumsi sekitar empat miligram vitamin C setiap harinya dalam tiga tahun mampu mengurangi kerutan hingga 11 persen.

Taub-Dix menjelaskan, kandungan beta karoten yang tinggi mampu menjaga kulit kita tetap berkilau.


6. Tomat

Tubuh kita akan mendapatkan perlindungan ekstra jika sayuran tersebut dihangatkan. Taub-Dix mengatakan, kita juga bisa mengkonsumsi tomat lewat pizza atau pasta.

Setengah cangkir tomat matang atau saus pasta mengandung 16 miligram likopen. Jika digabungkan dengan penggunaan tabir surya setiap harinya, kulitmu akan tetap sehat.

7. Tuna 

Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dipercaya mampu menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Taub-Dix menambahkan, tuna kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu menjaga kolagen pada kulit, mencegah peradangan dan menjaga kulit tetap cantik.

Cukup tiga ons atau setengah cangkir perharinya bisa memberikan manfaat maksimal untuk kulitmu. Selamat mencoba!

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/22/125939720/7-makanan-yang-bisa-bikin-kulit-berkilau-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke