Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kreasi Minuman Buah Segar untuk Berbuka Puasa

KOMPAS.com - Es buah merupakan salah satu minuman buka puasa yang paling banyak digemari orang. Campuran berbagai macam buah dengan kuah susu dan sirup memang menjadi santapan menyegarkan untuk berbuka puasa.

Sayangnya, es buah tersebut tidak sesehat yang kita kira. Tambahan susu, sirup, dan gula membuat minuman satu ini sangat tinggi gula, sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Jika bosan dengan es buah yang itu-itu saja, berbagai pilihan minuman buka puasa di bawah ini mungkin bisa jadi insipirasi sehat untukmu.

1. Soda semangka mint

Kandungan air dan elektrolit pada buah semangka dapat membantu Anda mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian puasa. Sementara mentimun tinggi kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Cara membuat minuman ini mirip dengan infused water. Potong semua bahan menjadi bagian yang lebih kecil. Lalu campurkan semua bahan ke dalam wadah yang berisi air. Diamkan semalaman di dalam lemari pendingin.

Kamu juga bisa menambahkan 1 sendok teh madu untuk memberikan rasa manis alami. Perpaduan rasa manis dari buah melon dan asam dari jeruk nipis dapat memulihkan kembali energi setelah seharian berpuasa.

2. Jus mentimun, apel, dan bayam

Untuk membuatnya, siapkan satu buah mentimun ukuran sedang, apel hijau, bayam, seledri, chia seed, daun mint, dan air perasan jeruk nipis.

Haluskan semua bahan tersebut menggunakan blender hingga benar-benar lembut. Jika ingin tekstur yang lebih halus lagi, bisa encerkan jus dengan menambahkan air kelapa. Sajikan jus sayur buah ini selagi dingin.

3. Jus jeruk, nanas, dan pisang

Warna kuning yang menggoda dari campuran buah jeruk, nanas, dan pisang tentu sangat menggugah selera. Selain nikmat, minuman satu ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh selama bulan Ramadan.

Untuk membuatnya, gunakan masing-masing 125 ml jus jeruk dan jus nanas, satu buah pisang, madu, susu rendah lemak, dan es batu.

Jika kamu tidak minum susu sapi, bisa gunakan susu almond atau susu kedelai. Hancurkan semua bahan sampai halus dan lembut, setelahnya tambahkan sedikit bubuk kayu manis di atasnya.

4. Watermelon lemonade

Untuk membuatnya, gunakan sebuah semangka utuh ukuran besar, 250 ml jus lemon, madu, dan daun mint.

Belah semangka dan kerok dagingnya menggunakan sendok besar. Hancurkan daging semangka menggunakan blender atau garpu. Lalu campurkan bubur semangka yang sudah dihancurkan tadi dengan jus lemon, madu, dan sedikit soda.

Tambahkan es batu dan sajikan dengan irisan jeruk nipis serta daun mint.

5. Smoothie pisang almond

Tidak hanya itu, susu almond juga mengandung lemak yang rendah sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet selama bulan Ramadan.

Yang dibutuhkan untuk membuat minuman buka puasa satu ini adalah secangkir susu almond, satu buah pisang ambon yang sudah dibekukan dalam kulkas, es batu, dan bubuk kayu manis. Hancurkan semua bahan tersebut sampai halus dan lembut.

Kuncinya: jangan maniskan smoothies ini pakai gula, tapi pakai madu untuk memberikan rasa manis alami. Jika ingin memperkuat rasanya, tambahkan bubuk cokelat, matcha, ataupun kopi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/22/171700520/5-kreasi-minuman-buah-segar-untuk-berbuka-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke