Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gaya Hidup untuk Dongkrak Imunitas Tubuh

KOMPAS.com - Penyakit  bisa menyerang kapan saja jika kita gagal merawat diri. Oleh karena itu, kita harus benar-benar bisa menjaga kesehatan tubuh.

Ada banyak cara yang kita bisa lakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Selain berolahraga, mengonsumsi makanan tertentu juga bisa memperkuat sistem imun kita.

Dilansir dari Independent, berikut enam cara memperkuat sistem imun kita.

1. Aktif bergerak

Berolahraga adalah kegiatan yang sangat efektif untuk mencegah flu, karena dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Menurut MedlinePlus, kecepatan sel darah putih yang beredar di sekitar tubuh meningkat selama berolahraga. Selain itu, jika kita sedang sakit, bergerak aktif juga mempercepat pemulihan.

Namun, kita harus memperhatikan respons tubuh terhadap aktivitas fisik. Jika berolahraga justru membuat kita tidak enak badan atau lesu, mungkin kita perlu mengubah jenis latihan atau durasinya.

2. Konsumsi jamur, bawang putih dan rempah-rempah

Tanaman herbal seperti kunyit, oregano dan cayenne telah lama digunakan sebagai obat karena kandungan zat di dalamnya.

Makanan seperti jamur dan bawang putih juga telah diketahui memiliki dampak positif pada kesehatan, termasuk mempercepat penyembuhan dari sakit.

Menurut riset yang dilakukan oleh University of Florida, makan jamur shiitake yang dimasak setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara signifikan. Selain itu, jamur juga memiliki sifat anti-peradangan.

3. Tidur cukup

Kurang tidur bisa menjadi alasan utama mengapa kesehatan kita menurun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, durasi tidur yang baik sekitar delapan jam semalam. Sayangnya, sekitar dua pertiga orang dewasa di seluruh dunia kurang tidur.

Ahli saraf Matius Walker memperingatkan risiko kurang tidur dapat mendatangkan penyakit, mulai dari pilek biasa hingga penyakit yang lebih serius.

4. Nikmati waktu berkualitas bersama hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan mendatangkan banyak manfaat, termasuk bagi kesehatan kita.

Menurut pernyataan ilmiah American Heart 2013, memiliki anjing dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Ini karena kita jadi banyak bergerak untuk mengajak bermain atau jalan-jalan hewan kesayangan.

Riset tahun 2004 juga membuktikan efek memelihara hewan sangat menguntungkan sistem kekebalan individu dan kesehatan secara keseluruhan.

5. Konsumsi cukup air putih

Dengan begitu banyak variasi minuman sehat yang tersedia di pasar, kita seringkali lupa manfaat besar dari air putih.

Minum air putih dapat memberikan banyak manfaat bagi sistem kekebalan, karena dapat membantu ginjal membuang racun secara efektif dari tubuh.

Namun, manfaat air ini tak hanya kita dapatkan dengan cara mengonsumsinya.

Menurut Weil, seorang praktisi dan pengajar kedokteran integratif, mandi air dingin secara teratur dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang melawan penyakit di dalam tubuh.

6. Aktif secara seksual

Menurut seorang ahli kesehatan seksual Yvonne KFulbright, orang-orang yang aktif secara seksual tidak mudah jatuh sakit.

Riset yang dilakukan oleh para peneliti di Wilkes University, Pennsylvania, membuktikan manusia yang melakukan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki sistem imunitas yang lebih besar.

Laman NHS juga menyatakan seks baik untuk jantung dan dapat membantu mengurangi stres.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/31/082300320/gaya-hidup-untuk-dongkrak-imunitas-tubuh-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke