Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Takut Gagal Bikin Kue Kering, Ini 9 Tipsnya!

Teksturnya yang renyah, bentuk dan variannya yang menarik, serta rasanya yang nikmat membuat banyak yang menantikan kue kering di hari istimewa.

Ingin membuat kue kering sendiri, tetapi takut gagal?

Jangan khawatir, 9 tips ini mungkin bisa membuat kamu lebih percaya diri untuk membuatnya!

1. Baca resep dengan teliti

Sebagian orang sering menyepelekan resep, bahkan mengganti beberapa bahan yang ada. Hal ini membuat hasil dan rasa makanan menjadi berubah.

Pastikan kamu membaca panduan dan bahan resep dengan benar.

Tidak seperti bahan makanan lain, kue kering membutuhkan ketepatan takaran bahan dan cara memasak. Jadi, jangan sekali-kali melenceng dari resep!

2. Gunakan peralatan yang tepat

Bahan atau alat yang kurang tepat bisa membuat rasa berbeda. Memanggang merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi. Salah sedikit, bahan yang telah kamu buat bisa gagal.

Sebaiknya, gunakan gelas dan sendok ukur untuk menakar setiap bahan.

3. Ukuran wadah harus disesuaikan

4. Gunakan bahan berkualitas

Kualitas bahan juga harus menjadi pertimbangan. Kue kering yang baik harus dibuat dari bahan-bahan yang  berkualitas.

Dalam membuat kue kering, beberapa bahan ini harus menjadi perhatian:

  • Untuk baking powder dan baking soda, pastikan tanggal kedaluwarsa. Baking soda yang masih berfungsi baik harus menggelembung apabila ditambahkan ke dalam cuka. Sedangkan baking powder yang masih baik akan menggelembung jika dimasukkan ke dalam air panas.

  • Pastikan telur yang digunakan dalam keadaan baik dan simpan dalam suhu ruang.

  • Tepung adalah bahan paling mendasar dalam pembuatan roti dan kue. Setiap tepung memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

  • Jika kamu masih pemula dalam dunia baking, jangan pernah mengganti bahan khususnya tepung dengan jenis tepung lain. Jika pada resep tertulis tepung serbaguna, jangan menggantinya dengan tepung lain.

  • Terlalu banyak tepung dalam adonan dapat menyebabkan kue kering menjadi lebih keras. Sebaiknya ikuti resep yang kamu jadikan patokan.

5. Pastikan kondisi bahan yang digunakan

  • Cium aroma kacang yang digunakan. Minyak dalam kacang bisa membuat bahan jadi cepat tengik. Pastikan untuk selalu menyimpan kacang di freezer jika ingin disimpan dalam waktu yang lama.

  • Pastikan mentega berada dalam suhu ruang atau bahan tidak akan bisa tercampur sempurna dengan gula.

  • Gunakan takaran garam sesuai dengan resep, khususnya jika kamu menggunakan mentega tawar. Jika menggunakan mentega yang sudah diberi perasa, cukup gunakan setengah dari takaran garam yang disebutkan.

  • Simpan shortening atau mentega putih dalam keadaan terbuka sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

  • Kenali setiap tipe gula. Dalam membuat kue kering, gula pasir biasa justru mudah larut dalam adonan. Sebaliknya, gula halus ketika dicampurkan dengan tepung maizena akan sulit larut dalam adonan meski memiliki tekstur yang lebih lembut.

5. Simpan semua bahan dalam suhu ruang untuk hasil kue kering yang lebih baik

6. Ukur jumlah bahan dengan benar 

Gunakan sendok dan alat ukur yang ideal. Salah satu penyebab kegagalan dalam memasak adalah pengukuran bahan yang tidak akurat.

Kamu bisa saja menggunakan bahan terbaik yang ada, tetapi jika tidak mengukur dengan benar, maka hasilnya tidak akan maksimal.

7. Temperatur oven

Panaskan oven selama 10 hingga 15 menit sebelum digunakan. Hal ini dilakukan agar adonan matang dengan merata.

8. Menggunakan loyang

  • Tidak semua jenis loyang bisa digunakan untuk memanggang. Dalam membuat kue kering, sebaiknya gunakan loyang yang tidak memiliki banyak sisi.

  • Dalam pengolesan loyang, gunakan mentega sayur atau mentega tawar. Sebaiknya jangan gunakan minyak sayur untuk mengolesi loyang, karena kue kering akan berwarna agak kecoklatan selama proses pemanggangan. Selain itu, minyak sayur juga lebih sulit dibersihkan.

  • Jika adonan kue kering mengandung mentega dalam jumlah yang cukup banyak, maka kamu tidak perlu lagi mengolesi loyang.

  • Kamu bisa mengunakan baking mats atau alas panggang yang bisa digunakan berkali-kali sebagai alas adonan.

  • Dinginkan loyang yang sudah digunakan jika akan digunakan kembali. Jangan lupa untuk membersihkan loyang setiap akan digunakan untuk memanggang adonan yang berbeda.

9. Memanggang kue kering dengan benar

Dalam memanggang, perhatikan hal-hal berikut ini

  • Kue kering yang baik harus memiliki ukuran dan ketebalan yang sama. Kamu bisa menggunakan scoop kue kering atau scoop es krim untuk mendapatkan ukuran kue kering yang seragam. Cara lain adalah dengan menimbang setiap adonan, satu ons untuk adonan besar dan setengah ons untuk adonan yang lebih kecil.

  • Buat jarak untuk setiap kue kering, kira-kira lima satu sentimeter agar kue kering dapat mengembang dengan sempurna.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/05/125702720/jangan-takut-gagal-bikin-kue-kering-ini-9-tipsnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke