Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bakar Kalori hingga Redakan Sakit Kepala, Ini Manfaat Ciuman

KOMPAS.com - Bukan cuma mengekspresikan rasa cinta dan kemesraan, berciuman juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran apa saja keuntungan berciuman dengan pasangan?

1. Meningkatkan  imunitas

Ciuman telah lama dianggap sebagai cara untuk memperkuat pertahanan tubuh sehingga virus bisa dilawan.

Riset dalam The journal Medical Hypotheses mengatakan bahwa ciuman dapat meningkatkan kekebalan wanita dari Cytomegalovirus. Ini adalah virus yang dapat menyebabkan kebutaan pada bayi dan terjadinya cacat lahir jika sang ibu terinfeksi virus ini saat hamil.

2. Membakar kalori

Ciuman dapat membakar dua hingga enam kalori per menit. Memang sih, jarang ada orang bisa berciuman lama, tapi jika kamu bisa melakukannya, ciuman selama satu jam dapat membakar kalori yang setara dengan jumlah kalori dalam permen atau setengah gelas anggur.

3. Membuat otot-otot wajah tetap kencang

Memiliki kulit kencang adalah dambaan setiap orang. Nah, jika ingin kulit terlihat kencang, jangan remehkan kekuatan ciuman. Menurut peneliti, 30 otot bekerja saat berciuman yang membantu menjaga pipi tetap kencang.

4. Membuat rileks

Tak ada yang lebih menyenangkan selain berada dekat orang yang dicintai dan berciuman mesra. Aktivitas ini meningkatkan kadar oksitosin, hormon yang menenangkan.

Hormon lain yang bekerja saat berciuman adalah endorfin, yang akan meningkatkan perasaan nyaman, serta dopamin, sehingga kita merasa lebih dekat dengan pasangan.

5. Menilai pasangan

Antropolog Helen Fisher menyebut, ciuman dapat digunakan sebagai "alat menilai pasangan."

Sebagian besar bagian otak kita ternyata punya fungsi untuk merasakan sensasi dari sekitar bibir, pipi, lidah dan hidung.

Ketika kita mencium seseorang, kita dapat melihat dan merasakan apa yang ada di dalam diri pasangan.

Jadi, berciuman bukan hanya sekedar sentuhan fisik. Ini adalah cara mendalam untuk mempromosikan tentang siapa kita, apa yang kita inginkan, dan apa yang dapat kita berikan.

Peneliti lain mencatat berciuman adalah cara biologi untuk menentukan siapa yang paling sesuai dengan kita secara genetis.

"Karena itu, apa yang terjadi selama ciuman pertama bisa membantu kita untuk memutuskan hubungan atau melanjutkannya," tambahnya.

6. Meningkatkan kesehatan mulut

Menurut Dental Health Magazine, ciuman mendalam meningkatkan aliran air liur, yang membantu menjaga mulut, gigi, dan gusi tetap sehat.

Cairan tambahan membantu menyingkirkan partikel makanan di gigi kita, dan menstimulasi sistem kekebalan, membantu tubuh kita melawan infeksi.

7. Mengurangi stres

Tidak ada yang lebih baik dari berciuman dengan pasangan setelah hari yang panjang dan penuh tekanan.

Selain melepaskan hormon oksitosin, ciuman juga dikaitkan dengan penurunan hormon stres kortisol. Ini juga dapat meningkatkan kadar serotonin, yang mengarah pada perasaan tenang dan puas.

8. Menurunkan tekanan darah

Kita mungkin telah memperhatikan ciuman membuat jantung berpacu dengan keras.

Tentu saja ini hal yang baik. Detak jantung yang meningkat menyebabkan pembuluh darah melebar. Inilah yang membuat darah mengalir lancar ke organ-organ tubuh dan membantu mengurangi tekanan darah.

Apalagi, tingkat hormon stres kortisol yang berkurang berkat ciuman juga bisa mengatasi masalah tekanan darah.

9. Meredakan sakit kepala

Bukan cuma mitos, tapi ciuman bisa meningkatkan aliran darah yang ampuh mengurangi rasa sakit dan nyeri, terutama sakit kepala.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/07/210000020/bakar-kalori-hingga-redakan-sakit-kepala-ini-manfaat-ciuman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke