Salin Artikel

4 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Mengobati Jerawat

KOMPAS.com - Lidah buaya adalah salah satu obat jerawat yang terkenal. Tidak hanya membantu mengobati jerawat, tanaman ini juga membantu mengobati kulit terbakar (baik oleh benda panas maupun oleh sinar matahari alias sunburn), menyembuhkan luka, serta lecet ringan.

Lidah buaya atau aloe vera mengandung hormon giberelin dan polisakarida yang bertindak sebagai antibakteri untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Ini adalah zat alami yang juga membantu menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang selanjutnya menyebabkan gumpalan pada pori-pori kulit dan menyebabkan infeksi bakteri.

Aloe vera juga membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang rusak akan sembuh lebih cepat dan sedikit meninggalkan bekas luka.

Selain itu tanaman ini juga bertindak sebagai antiradang alami yang membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berhubungan dengan jerawat.

Sifat penenang yang terkandung dalam lidah buaya berfungsi sebagai pereda rasa nyeri saat diterapkan pada bagian yang terinfeksi. Lidah buaya akan masuk ke dalam lapisan terdalam, menahan rasa nyeri dan meredakan peradangan.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan serta vitamin dan mineral lainnya dalam gel membantu mengurangi rasa nyeri dan mengobati kulit yang sedang berjerawat.

Lidah buaya jenis apa yang baik untuk perawatan jerawat?

Selalu gunakan gel lidah buaya segar yang diambil langsung dari daun lidah buaya.

Pasalnya lidah buaya yang asli dan masih segar mengandung semua kualitas penting yang sangat efektif dalam mengobati jerawat, termasuk meredakan kulit dari iritasi, peradangan, dan racun berbahaya.

Sejak dulu, banyak orang menggunakan lidah buaya untuk jerawat. Tidak hanya pada wajah, lidah buaya juga dapat mengobati jerawat yang ada di punggung, dada, kulit kepala, dan sebagainya. Berikut adalah cara menggunakan lidah buaya untuk jerawat.

Cara 1: Lidah buaya segar

Cara 2: Dicampur lemon

Cara 3: Dicampur madu dan kunyit

Cara 4: Masker wajah lidah buaya untuk jerawat

  • Ambil daun lidah buaya dan didihkan di dalam air selama beberapa menit.
  • Tambahkan madu dan campurkan.
  • Oleskan losion ini pada kulit sebagai masker (usapkan secara lembut saat menerapkannya).
  • Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air dingin.
  • Ulangi penerapan masker ini secara teratur untuk menghilangkan masalah jerawat.

Cobalah semua metode di atas sesuai dengan ketersediaan bahan yang aman dan mudah dicari.

Jangan lupa, selalu tes efeknya pada kulit di bagian tangan sebelum memulainya di wajah, apalagi bagi yang baru pertama kali mencoba menggunakan lidah buaya untuk jerawat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/11/213122820/4-cara-memakai-lidah-buaya-untuk-mengobati-jerawat

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.