Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tersenyumlah Saat Difoto Paspor

KOMPAS.com - Tersenyum adalah cara sederhana membuat penampilan kita terlihat menarik dengan sekejap, apalagi saat difoto.

Yang menarik, menurut sebuah studi, menggunakan ekspresi senyum dengan mulut terbuka pada foto identitas dapat mencegah penipuan identitas.

Para peneliti dari University of York, Inggris menunjukkan bahwa mencocokkan wajah yang tidak dikenal adalah hal yang sulit. Hal ini bisa menjadi masalah bagi petugas imigrasi saat memeriksa dokumen.

Berbeda halnya ketika foto dalam dokumen itu menunjukkan ekspresi senyum.

Menurut ketua studi, Dr Mila Mileva, penipuan identitas adalah masalah nyata. "Foto dalam tanda identitas adalah bagian penting dalam hidup kita, namun otak manusia sering kesulitan  mencocokan foto dengan orang yang sebenarnya," katanya.

Dalam penelitian yang dilakukannya, Mileva dan timnya meminta 40 relawan mencocokan 60 foto orang yang tidak mereka kenal.

Ada dua ekspresi foto yang harus mereka analisa, yakni menggunakan eskpresi wajah netral dengan senyum mulut terbuka, dan ekspresi netral dengan senyum mulut tertutup.

Sekitar 34 peserta juga diminta untuk mencocokan gambar, di mana hanya bagian bawah wajah yang terlihat.

Analisis hasil menemukan peningkatan sekitar 9 persen dalam identifikasi foto yang tersenyum pada dua gambar dari orang yang sama.

Sementara itu, terjadi peningkatan sebesar tujuh persen ketika membandingkan gambar dari dua orang yang berbeda, tetapi mirip.

Hasil studi ini menyimpulkan, jika kita memakai ekspresi tersenyum saat difoto untuk identitas, petugas akan lebih mudah mencocokkannya dibanding jika hanya ekspresi netral.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/22/100000120/tersenyumlah-saat-difoto-paspor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke