Salin Artikel

10 Tips Berbelanja Busana Wanita Ukuran Plus

Hal itu dirasakan oleh fashion blogger Callie Thorpe. Ia sempat merasa ukuran tubuhnya yang besar menjadi batasan dalam memilih busana.

Kemunculan tren belanja online membuat pilihan berbelanja busana lebih variatif bagi pemilik tubuh plus.

Thorpe berbagi tips bagi para wanita plus size untuk berbelanja busana agar lebih percaya diri dan mencintai diri sendiri.

1. Beli dua

Ketika kamu menemukan pakaian atau sebuah produk mode yang kamu sangat sukai, Thorpe menyarankanmu untuk membeli dua.

"Ini mungkin agak berlebihan, tapi sayangnya barang-barang mode plus size yang cocok dengan penampilan kita kadang sangat jarang ditemukan. Jadi, lebih baik bermain aman," kata Thorpe.

2. Beli pakaian pria dan ibu hamil

Cobalah mencari pakaian-pakaian pria atau ibu hamil. Hanya karena memiliki label tertentu, bukan berarti pakaian tersebut tak boleh digunakan oleh yang lainnya.

Jangan khawatir, karena kamu juga bisa menemukan pakaian-pakaian yang modis serta aksesori menarik di kedua departemen tersebut.

3. Jangan takut berbelanja di tempat yang tak menyediakan ukuran plus size

Thorpe memahami rasa frustrasi ketika datang ke toko-toko pakaian biasa dan mereka tidak menjual ukuran besar. Namun, jangan khawatir atau takut berkunjung ke toko-toko tersebut.

Lihatlah model pakaian yang ada di tempat itu. Bisa jadi, mereka memiliki jenis pakaian yang ukuran terbesarnya bisa kamu gunakan. Misalnya, model pakaian seperti dress. Tentu saja, ukuran terbesar dress dan kaos berbeda, bukan?

4. Abaikan ukuran pada pakaian

Jangan biarkan dirimu terpaku pada ukuran yang tertera pada pakaian karena ukuran hanyalah angka (atau huruf pada beberapa jenis pakaian).

Ketika kamu berbelanja pakaian dimanapun, ukuran pakaian akan berubah. Meski kamu memiliki tubuh plus size, jangan ragu untuk tetap mencari pakaian yang pas dan mencobanya.

Hal terpenting adalah pakaian tersebut cocok dan nyaman dipakai.

5. Catat ukuran yang pas dari merek favorit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap pakaian memiliki standar ukuran berbeda.

Jadi, ketika kamu menemukan merek yang sangat kamu sukai, catatlah ukuran yang pas untukmu.

"Ini akan sangat membantu untuk menghemat waktu ketika kamu berbelanja lagi di sana," ujar Thorpe.

6. Gunakan bra yang pas badan

Menggunakan bra yang tepat akan memperbaiki posturmu, meminimalisasi sakit punggung dan membuatmu lebih percaya diri dalam berbusana.

7. Coba semuanya

Saat kamu pergi ke salah satu toko lalu menemukan pakaian menarik dan merasa ukurannya tepat, jangan lewatkan untuk mencoba pakaian tersebut.

Terkadang, pakaian yang tergantung bisa terlihat sangat berbeda ketika digunakan di badan. Jadi, usahakan tetap mencoba semuanya.

Thorpe mengatakan dirinya memiki salah satu pakaian andalan berbentuk jas. Jas tersebut sederhana, modis dan cantik serta cocok jika dipadukan dengan pakaian apapun.

"Mungkin harganya lebih tinggi daripada baju-baju yang kita ditemukan di toko retail. Tapi pakaian yang modelnya tak termakan waktu akan membuat kita terlihat oke di setiap waktu, tidak hanya mengikuti tren tertentu," kata dia.

9. Bereksperimen dengan warna

Thorpe mengatakn dirinya dulu hanya menggunakan pakaian berwarna hitam karena berpikir akan terlihat lebih ramping. Namun, hal itu menurutnya tidak benar sebab warna akan bagus digunakan oleh segala jenis tipe tubuh.

"Bereksperimenlah dengan apa yang cocok denganmu dan jangan takut untuk tampil menonjol," ujarnya.

11. Abaikan aturan berpakaian plus size

Fashion adalah tentang ekspresi, bukan aturan. Sehingga, kamu bisa menggunakan apapun yang kamu mau. Mulai dari baju bergaris, crop top, pakaian warna putih, dan lainnya.

Siapapun, kata Thorpe, berhak untuk tampil modis dan merasa percaya diri.

"Jadi, jangan berpikir kamu harus menyembunyikan tubuhmu. Percaya dirilah dengan apa yang kamu miliki karena jika kamu percaya diri, kecantikan dari dalam akan terpancar," kata dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/29/170000720/10-tips-berbelanja-busana-wanita-ukuran-plus

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.