Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susah Fokus di Kantor? Coba Meditasi 10 Menit

KOMPAS.com - Jika kamu sulit fokus bekerja karena sedang dikejar banyak deadline, pertimbangkan melipir sejenak ke tempat yang agak sepi untuk bermeditasi.

Ya. Selain bermanfaat untuk menghilangkan stres, meditasi juga bisa jadi cara yang ampuh untuk mengembalikan fokus. Penasaran bagaimana cara meditasi di kantor supaya kerja bisa lebih produktif lagi? Cari tahu di sini!

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain Research Bulletin menyatakan bahwa meditasi kesadaran (mindfullness meditation) dapat meningkatkan fokus otak untuk memecahkan masalah dan memperhatikan detail.

Temuan tersebut dilaporkan setelah tim peneliti meminta para peserta untuk bermeditasi dengan menghirup napas dalam-dalam dalam waktu tertentu selama dua bulan penuh.

Ketika para peneliti memindai aktivitas otak dari masing-masing peserta, didapati peningkatan fokus selektif yang ditandai dengan penebalan pada korteks prefrontal otak.

Bagian otak tersebut merupakan area yang terlibat dalam proses penalaran yang rumit, pengambilan keputusan, dan kewaspadaan.

Sementara studi lain yang diterbitkan dalam Springer’s Journal of Cognitive Enhancement juga menunjukkan hal serupa.

Meditasi yang dilakukan secara intens dan berkelanjutan dapat menajamkan perhatian atau fokus seseorang saat mengerjakan suatu hal yang perlu tingkat konsentrasi tinggi.

Cara meditasi untuk meningkatkan fokus di kantor

  • Cari tempat yang mendukung. Pilihlah tempat yang tenang dan minim gangguan sehingga tidak membuat fokus terpecah. Gunakan juga pakaian yang nyaman sehingga kamu jadi lebih santai dan rileks saat melakukannya. Jika di kantor, longgarkan baju kerja agar tidak terasa menyesakkan.
  • Cari posisi nyaman. Rilekskan tubuh dan kendurkan bahu. Kamu bisa duduk bersila lalu letakkan tangan kiri di atas tangan kanan. Atau, cari posisi lainnya yang dirasa lebih nyaman. Yang terpenting, kamu bisa merasa santai tanpa tertidur.
  • Kosongkan pikiran dan fokuskan pada 1 hal mungkin suara (dengan mendengarkan musik instrumental), bau (menghirup aromaterapi), gambar visual (memandang pemandangan atau yang hijau-hijau), atau bahkan pola pernapasan kita sendiri. Kamu tidak perlu memikirkan apa-apa, namun biarkan tubuh merasakan yang terjadi pada saat itu. Resapi dan rasakan energi yang hadir di sekitarmu.
  • Tenangkan suara hati. Jika di sela-sela meditasi di dalam lubuk hati terbesit rasa khawatir tentang masa depan, karir, jodoh, keluarga dan lain sebagainya, segera alihkan perhatian agar kembali ke fokus target yang kamu pilih. Rasakan lagi sensasi yang diberikannya dan biarkan pikiran tetap tenang dan jernih.
  • Jangan khawatir tentang kegagalan. Jika pikiran menggangu sehingga membuat kamu tidak bisa merasakan target fokus sepenuhnya, jangan dilawan. Mulai lagi dari awal dan atur napas secara perlahan. Bebaskan pikiran dan biarkan tubuh kembali menikmati sensasi yang ditawarkan dari target fokus.

Secara umum, lakukan meditasi sampai merasa lebih tenang dan rileks.

Jika kamu ngotot untuk mempraktekkan cara meditasi yang sempurna, hal ini justru akan membuat lebih stres.

Ingat untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kamu perlu butuh waktu dan proses yang panjang. Pada dasarnya semakin sering berlatih, semakin banyak pula manfaat yang akan dialami.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/03/083800320/susah-fokus-di-kantor-coba-meditasi-10-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke