Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kebiasaan Sehat untuk Turunkan Tekanan Darah

KOMPAS.com - Perubahan gaya hidup adalah langkah penting untuk menurunkan tekanan darah. Baik bagi mereka yang sudah didiagnosis hipertensi, masih prahipertensi, atau punya tekanan darah normal – kebiasaan sehat sehari-hari ini mampu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Selain itu, kebiasaan berikut juga membantu menurunkan risiko serangan jantung akibat hipertensi yang memburuk, sekaligus menunda, menghindari, atau mengurangi kebutuhan kita untuk mengonsumsi obat hipertensi.

Apa saja kebiasaan sehat yang bisa menurunkan tekanan darah?

1. Aktif bergerak

Kita juga bisa naik ke ruang kelas atau kantor lewat tangga, bukan eskalator atau lift. Ketika jalan-jalan di mal, jangan hanya diam di eskalator. Panjat tangganya seolah naik tangga biasa.

2. Turunkan berat badan

3. Berhenti merokok dan jauhi asap rokok

Bagi yang tidak merokok, jauhi asap rokok untuk mencegah efek kesehatan akibat menjadi seorang perokok pasif.

4. Cermati label makanan

Tanpa sadar, makanan kemasan cenderung mengandung banyak natrium. American Heart Association mencatat bahwa roti, daging kemasan, dan sup kaleng ternyata cukup tinggi natriumnya.

5. Masak sendiri di rumah

Makanan yang dibuat di pabrik diproses sedemikian rupa supaya daya simpannya lama. Seratnya akan diambil, ditambahkan beragam zat kimia, serta diberikan garam, lemak, dan gula tambahan.

Mulai sekarang, biasakan masak di rumah daripada beli di luar. Coba dulu resep-resep yang simpel dan disukai supaya acara masak jadi seru.

6. Makan buah dan sayur

Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa makan banyak buah bisa mencegah kita mengalami hipertensi di kemudian hari.

7. Mengelola stres

Namun, stres bisa memicu beragam kebiasaan tidak sehat penyebab hipertensi. Misalnya makan kebanyakan, begadang, kecanduan rokok, atau minum minuman alkohol berlebihan.

Karena itu, kelola stres sebaik mungkin. Misalnya dengan berolahraga, curhat ke sahabat terdekat, liburan sejenak, atau menenangkan pikiran dengan teknik pernapasan dalam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/25/050500220/7-kebiasaan-sehat-untuk-turunkan-tekanan-darah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke