Salin Artikel

Anjing Paham Perasaan Sedih Pemiliknya dan Berusaha Menghibur

KOMPAS.com - Para penyayang binatang tentu paham rasanya pulang ke rumah setelah melalui sederet "drama" di kantor dan disambut hewan-hewan kesayangan.

Memelihara hewan memang terbukti bisa mengurangi stres. Salah satunya adalah anjing peliharaan. Mereka ternyata bisa memahami emosi pemiliknya dan akan akan berusaha "menghibur" ketika pemiliknya sedang sedih.

Sebuah penelitian terbaru kembali menguatkan kesimpulan tentang bagaimana anjing selalu berusaha membuat pemiliknya bahagia.

Penelitian itu dilakukan dengan mengumpulkan sekelompok ekor anjing yang diminta mendengarkan suara majikannya di ruangan sebelah. Si majikan diminta bersenandung lagu "Twinkle Twinkle Little Star" atau menangis

Kelompok anjing, yang terdiri dari jenis golden retriever, pugs dan labradors, itu ternyata melangkah tiga kali lebih cepat untuk mendekat pada pemiliknya ketika mendengar suara tangis, dibanding saat mendengar senandung.

Bahkan, anjing-anjing tersebut juga berusaha menghibur pemiliknya yang menangis.

“Kami menemukan anjing tidak hanya merasakan apa yang dirasakan pemiliknya tapi ketika tahu cara membantunya, akan berusaha melakukan apa pun," kata Emily Sanford, pemimpin riset.

Setiap pemilik anjing memiliki cerita tersendiri dengan hewan peliharaanya.

Hewan lucu tersebut biasanya menyambut sang pemilik sepulang bekerja atau duduk disampingnya ketika sang pemilik terlihat lesu dan sedih.

Beberapa anjing memang dengan cepat beraksi ketika pemiliknya tampak kesal.

Namun, anjing yang paling menunjukkan tanda-tanda stres adalah yang tidak mencoba menerobos penghalang untuk menemui majikannya.

Ini terjadi bukan karena hewan tersebut kurang peduli. Tapi, tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu sang pemilik.

"Anjing telah berada di sisi manusia selama puluhan ribu tahun dan mereka telah belajar membaca isyarat sosial," kata Sanford.

Pemilik anjing juga menyadari jika peliharaan mereka dapat mengetahui apa yang mereka rasakan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/25/201549820/anjing-paham-perasaan-sedih-pemiliknya-dan-berusaha-menghibur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.