Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Keseruan Lely Solihati dan 5 Anak Kembarnya "AIUEO"

Banyak netizen yang mengikuti perjalanannya sejak hamil hingga melahirkan kelima anak kembarnya yang dikenal dengan "AIUEO".

"AIUEO" merupakan singkatan dari lima anak kembar Lely. Lely, Habibie, dan keluarganya tinggal di Cirebon, Jawa Barat.

Akun Instagram Lely, @aiueos.greatfamz, kini telah memiliki lebih dari 232 ribu pengikut.

Bagaimana keseharian Lely dan suaminya, Habibie Ahmad Akbar, mengasuh lima anak kembar dan seorang putri sulungnya?

Saat dihubungi Kompas.com, Lely berbagi kisahnya mengasuh enam anak.

Enam anak Lely bernama Shakira Maryam Assyabiya dan lima putra kembar yang diberi nama Abbid Muhammad Akbar, Izzul Syaefuddin Al Akbar, Uqkail Fathul Akbar, Ezra Khairu Akbar, dan Oxy Abhitya Akbar.

"Seru. Repot-repot nyenengin. Rumah jadi rame terus, enggak pernah sepi," kata Lely kepada Kompas.com, Minggu (29/7/2018) malam.

"Selama ini suami selalu support, bantuin, misalkan sayanya kewalahan jadi suami ikut handle juga jagain," ujar Lely.

Selain dibantu oleh sang suami, sehari-harinya, ia juga dibantu oleh dua orang asisten yang membereskan rumah dan menjaga keenam anaknya.

Tantangan mengasuh anak kembar

"Keramaian" selalu menghiasi rumah Lely dan keluarganya. Setiap hari, kata dia, ada saja hal yang membuat anak mereka bertengkar satu sama lain.

Selain karena keusilan buah hatinya, masalah berebut mainan atau makanan juga menjadi penyebabnya.

"Tiap hari berantem. Lagi diem, dijailin. Berebut mainan atau makanan, pokoknya ada aja. Kadang kalau berantem pernah ada yang dijambak sampai kecabut (rambutnya)," ujar Lely.

Menghadapi situasi ini, Lely dan suaminya menerapkan pemberian hukuman kecil, kemudian anak-anaknya akan diminta untuk saling berpelukan dan meminta maaf.

"Dipisahin. Terus kita kayak kasih hukuman kecil gitu sama yang mulai duluan. Misalkan berdiri di pojokan selama 1 menit, terus suruh bilang maaf sama berpelukan," kata dia.

Melalui kebiasaan ini, ketika anak-anaknya melakukan kesalahan, mereka langsung melaksanakan "hukuman kecil" yang diterapkan oleh kedua orangtuanya tanpa diminta.

"(Mereka) Nurut. Awalnya sih enggak, tapi lama-lama kan karena dibilangin jadi udah paham. Kadang kalau ngelakuin salah, dia langsung berdiri sendiri di pojokan," lanjut Lely.

Dilatih belajar mandiri

Awalnya, dalam hal makan, Lely masih menyuapi anak-anaknya. Jika kewalahan, ia dibantu oleh satu orang asistennya.

Seiring berjalannya waktu, Lely mengajarkan anak-anaknya untuk belajar mandiri. Sejak dini, anak-anaknya sudah dilatih untuk tertib saat makan.

"Tapi lama-kelamaan diajarin tertib makan di meja. Terus makan masing-masing. Tapi kalau makan ya tetep kadang ada yang naik-naik ke meja. Ada yang gangguin makan saudaranya. Pokoknya rame, selalu ada keributan," kata dia.

Untuk mengajarkan kedisiplinan, Lely dan suaminya membuat papan yang berisi jadwal makan, tidur, belajar, dan bermain untuk anak-anak mereka.

"Kita juga kayak ada papan pengingat gitu. Kayak jadwal biar anak-anak disiplin, kayak jadwal makan, tidur, main, ngaji. Terus kayak catatan-catatan penting yang kadang kita suka lupa, jadi tinggal liat catatannya dipapan," papar Lely.

Saat ini, anak-anak Lely sudah mulai bersekolah. Setiap pagi selalu ada kerepotan, karena harus mempersiapkan keperluan anak-anaknya.

"Momen mengharukan itu pas pertama AIUEOS (singkatan nama keenam anaknya) masuk sekolah. Jadi kayak ga tega gitu melihatnya. Apalagi Izzul, itu kan paling sering banget cari-cari saya. Nah pas pertama sekolah itu drama dulu ditinggal nangis," kata Lely.

Ia juga tak lupa untuk terus mengasah pengetahuan soal pengasuhan anak dengan mengikuti kelas parenting satu kali dalam sebulan. 

"Saya juga masih banyak banget kurangnya. Makanya kadang suka banyak ikut parenting. Kurang lebih sebulan sekali ikut parenting anak untuk nge-cas semangatnya," kata Lely.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/30/095729720/melihat-keseruan-lely-solihati-dan-5-anak-kembarnya-aiueo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke