Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Serangan Jantung, Yuk, Cek Kesehatan Rutin

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Vito Damay mencontohkan kasus ketika seseorang yang sedang berolahraga tiba-tiba meninggal karena serangan jantung.

Hal itu menurutnya bisa juga bukan merupakan serangan jantung, namun penyakit jantung bawaan yang belum terdeteksi.

"Ketika ada anak muda meninggal karena sakit jantung, belum tentu karena serangan jantung. Mungkin karena penyakit jantung bawaan yang dia tidak tahu sebelumnya," ujar Vito dalam talkshow yang digelar Yayasan Jantung Indonesia di The Ritz-Carlton Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Ia menambahkan, olahraga justru bisa membantu mencegah serangan jantung sehingga bukan penyebab serangan jantung itu sendiri.

Selain melakukan deteksi dini kita juga perlu menyeimbangkan pola makan dan olahraga yang teratur untuk menjaga kesehatan jantung.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, seseorang seharusnya sudah pernah melakukan tes kesehatan lengkap setidaknya pada usia 20 tahun.

Standar ini diperuntukkan bagi orang sehat yang tidak mengidap penyakit tertentu.

Bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan normal, pengecekan kondisi kesehatan berikutnya bisa dilakukan setiap lima tahun. Namun, seringkali banyak yang baru menyadari pentingnya cek kesehatan ketika menginjak usia 40 tahun ke atas.

Vito mengingatkan agar pengecekan kondisi kesehatan juga dilakukan secara lengkap.

Masalah jantung seperti gangguan irama jantung sebetulnya bisa diketahui sejak awal. Mungkin saja tubuh kita sebetulnya sudah membutuhkan obat namun kita tak mengetahuinya.

"Dan itu berlangsung lama sampai menjadi complicated kemudian terjadi tiba-tiba. Itu enggak tiba-tiba. Kitanya saja yang tidak tahu," kata Vito.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/03/191705320/cegah-serangan-jantung-yuk-cek-kesehatan-rutin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke