Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lukisan Van Gogh pada Sneakers Vans

JAKARTA, KOMPAS.com - Melukisi sneakers dan membuatnya unik memang sedang menjadi tren saat ini. Namun tak selamanya sneakers custom itu dibuat individu atau perorangan.

Beberapa produsen pun rupanya berminat untuk meng"custom" sneakers mereka dengan berkolaborasi dengan seniman atau pihak lain, seperti museum.

Nah yang terbaru adalah kolaborasi antara Vans dengan Museum Van Gogh untuk menghadirkan koleksi khusus yang menyadur karya-karya seni pelukis Van Gogh di desain Vans Classics dan busana koleksi premium.

Van Gogh dikenal dengan karyanya yang membangkitkan emosi, keindahan, dan guratan warna yang menangkap keunikan ekspresi diri, walau pada masa hidupnya ia hidup miskin dan lukisannya tidak laku.

Kini lukisan-lukisan itu memiliki harga yang fantastis dengan lebih dari 2.100 karya seni yang dihasilkan dari karirnya selama satu dekade.

Dalam kolaborasi dengan Museum Van Gogh ini, Vans "menyalin" beberapa karya seni Van Gogh terpilih dalam sneakers, yaitu motif Skull, Almond Blossom, Sunflowers, dan potret diri Van Gogh.

“Kami ingin membuat kehidupan dan karya Vincent van Gogh dapat dinikmati oleh banyak orang untuk memperkaya dan menginspirasi mereka,” kata Adriaan Dönszelmann, Managing Director Museum Van Gogh.

“Dengan menyatukan karya seni Van Gogh dengan gaya Vans yang ikonik, kolaborasi ini menghadirkan karya seni ‘Off The Wall’ Vincent yang dapat dinikmati oleh pecinta seni lainnya."

Proses pembelajaran ini digambarkan pada bagian atas sepatu Classic Slip-On, kaos lengan panjang, hoodie, dan topi dengan motif Van Gogh bergambar tengkorak.

Motif lainnya berasal dari dua karya Van Gogh yang paling terkenal yaitu Sunflowers dan Almond Blossom. Van Gogh menciptakan lima kanvas besar yang menggambarkan bunga matahari dalam vas dengan tiga warna kuning berbeda untuk menunjukkan kemampuan menciptakan gambar dengan variasi warna dan tekstur tanpa mencampur warna-warna cat.

Lukisan bunga matahari ini diaplikasikan sebagai motif di sepatu jenis Authentic dan kaos dan hoodie. Selain itu, Almond Blossom melambangkan proses yang dilalui Van Gogh untuk menemukan kehidupan baru dan ketenangan.

Untuk menghasilkan motif dan warna-warnanya menjadi lebih hidup, desainer Vans mencetak lukisan Van Gogh secara digital di bahan satin pada produk Almond Blossom Bomber, topi dan ransel.

Rangkain desain akhir berupa sebuah gambar Van Gogh berjudul Old Vineyard dan Peasant Woman yang dicetak secara detail pada jenis sepatu Old Skool dan Classic Slip-On yang menampilkan kutipan surat tulisan tangan dari Vincent kepada saudaranya, Theo.

Perancang Vans menarik beberapa kutipan dan ilustrasi dari sekitar 700 surat yang dikirim ke Theo dan mengaplikasikannya pada motif sepatu jenis Classic Slip-On.

Setiap bagian dari koleksi ini juga akan menyertakan hangtag khusus dengan detail fakta historis di balik setiap karya seni Vincent Van Gogh.

Koleksi Vans x Van Gogh akan tersedia di Vans.com/VanGogh, vangoghmuseumshop.com, toko Vans Grand Indonesia Jakarta, Paris Van Java Bandung, dan Museum Van Gogh Amsterdam pada tanggal 3 Agustus 2018.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/03/193059920/lukisan-van-gogh-pada-sneakers-vans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke