Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Perawatan Rambut Pria Agar Tetap Sehat dan Kuat


KOMPAS.com - Perawatan rambut bukan hanya diperlukan oleh para wanita. Pria pun memerlukan perawatan ini agar rambutnya tetap sehat dan indah alami.

Tanpa perawatan yang tepat, banyak masalah yang akan muncul pada rambut kita. Mulai dari rambut terlalu kering, mudah rontok, bahkan bisa mengalami kebotakan. Sudah tahu apa saja perawatan rambut pria yang dibutuhkan?

1. Jangan keramas setiap hari

Padahal, terlalu sering keramas dan membasahi rambut bisa membuat kulit kepala menjadi terlalu kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Rambut bisa terasa gatal jadinya. Jadi, kamu bisa keramas setiap dua hari sekali atau sehabis berolahraga.

2. Keringkan rambut dengan lembut, jangan digosok-gosok

Gunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut tertarik dan rontok saat disisir.

Sebaiknya jangan gunakan handuk untuk menggosok-gosok rambut jika ingin cepat kering. Sebab, menggosok-gosok rambut yang masih basah justru merusak kutikula (lapisan terluar dari rambut).

Hindari juga terlalu sering pakai pengering rambut. Sebab, suhunya yang panas dapat membuat rambut dan kulit kepala jadi kering.

3. Pakai conditioner

Menurut Oscar Blandi, seorang penata rambut terkemuka di New York, Amerika Serikat, conditioner bukan untuk rambut wanita saja, perawatan rambut pria juga perlu pelembut sekaligus pelembap ini.

Apalagi rambut pria biasanya lebih pendek dan lebih mudah menipis. Conditioner sangat penting untuk mengembalikan volume rambut pria.

Conditioner juga berfungsi sebagai penyeimbang sampo yang digunakan. Salah satu efek pakai sampo adalah rambut jadi kering. Nah, conditioner berfungsi sebagai pelembabnya, melembapkan kulit kepala dan rambut, serta mengembalikan kilau alami rambut dengan nutrisinya.

Setelah menggunakan conditioner, jangan langsung dibilas, tunggu beberapa saat agar kandungannya terserap dalam kulit kepala dan menguatkan folikel rambut.

4. Rutin potong rambut

Jika kamu sedang memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut secara rutin setiap 6-8 minggu sekali. Cukup potong bagian ujungnya untuk menghilangkan bagian yang rusak.

5. Jangan terlalu banyak menggunakan produk untuk rambut

Terlalu banyak produk yang digunakan juga membuat rambut menjadi lebih berat. Ini akan mengganggu kenyamanan sendiri jika tidak dikurangi.

6. Perhatikan juga asupan makanan

Protein

Protein bisa mencegah rambut mudah kusut dan rontok. Protein memberikan kekuatan pada akar rambut dan membuat rambut Anda terlihat lebih indah alami.

Protein bisa Anda temukan dari kacang kedelai, susu, telur, kacang-kacangan, keju, daging ikan, daging sapi, daging ayam.

Vitamin C

Untuk pertumbuhan dan menjaga warna alami rambut, vitamin C jawabannya. Kurang vitamin C dapat membuat rambut pria kering atau pecah-pecah. Kekurangan vitamin C juga membuat Anda rentan terhadap kerontokan rambut.

Buah yang mengandung vitamin C misalnya stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Sayuran yang tinggi vitamin C contohnya tomat, timun, kembang kol, dan bayam.

Zat besi

Zat besi adalah penyuplai oksigen untuk rambut. Folikel rambut sangat membutuhkan oksigen ini. Tanpa adanya zat besi yang cukup maka aliran oksigen yang masuk ke dalam folikel rambut juga akan kurang. Jika oksigen kurang, maka zat gizi yang sampai ke dalam folikel rambut juga tidak maksimal.

Sumber zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau dan daging sapi.

Vitamin E

Vitamin E juga berperan penting dalam kesehatan rambut. Dikutip dari Healthline, vitamin E membantu mencegah kerontokan rambut, melancarkan sirkulasi aliran darah di kulit kepala, menjaga produksi minyak di permukaan kulit sehingga kulit kepala tidak mudah kering.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/24/122956820/6-tips-perawatan-rambut-pria-agar-tetap-sehat-dan-kuat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke