Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Kesehatan, Jangan Siram Toilet Tanpa Menutupnya

KOMPAS.com - Ketika usai menggunakan toilet, kita biasanya langsung buru-buru menyiramnya tanpa menutup dulu penutup toilet. Ternyata, kebiasaan ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

Air dalam toilet bercampur dengan limbah, baik itu urin atau kotoran. Partikel kecil dari campuran tersebut akan memancar ke udara ketika kita menyiramnya. Penyebaran partikel ini disebut dengan toilet plume.

Riset 2013 membuktikan partikel kecil dari campuran air dan limbah tersebut bisa menempel ke benda-benda yang ada di sekitar ruang toilet, jika kita tak menutup cover atau penutup toilet ketika menyiramnya.

Partikel tersebut kemungkinan besar mengandung bakteri berbahaya, seperti shigelle, E coli, C difficile.

Menurut riset, semua bakteri tersebut bisa kita temukan di kotoran dan muntahan orang yang terinfeksi dan dapat bertahan selama berbulan-bulan.

Dalam sebuah wawancara tahun 2016, Philip Tierno, seorang ahli mikrobiologi dari New York University, memaparkan bahaya toilet plume.

Menurutnya, toilet plume bisa mencapai ketinggian 4,5 meter di udara dan mengontaminasi di seluruh kamar mandi, bahkan tubuh kita.

"Jika kita memiliki kulit yang sehat, mungkin tak akan menimbulkan masalah," paparnya.

Namun, Tierno mencatat bahwa bakteri tertentu, seperti Salmonella dan Shigelle dapat ditularkan ketika partikel kotoran masuk ke mulut kita melalui tangan yang kotor.

Selain menutup tutupan toilet sebelum disiram, kita juga bisa mengurangi penyebaran kuman dengan tidak meletakkan sikat gigi di dalam kamar mandi dan wajib menunci tangan setelah menggunakan toilet.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/08/121504220/demi-kesehatan-jangan-siram-toilet-tanpa-menutupnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke