Salin Artikel

Wajib Tahu Soal Berburu dan Memakai Pakaian Vintage

KOMPAS.com - Busana vintage kini tengah naik daun. Banyak orang mulai mencari-cari busana kuno dan memakainya kembali.

Ini tak lepas dari busana vintage yang tak lekang dan bisa dipadu-padankan menjadi style sendiri. 

Dilansir dari laman GQ, setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum berburu dan mengenakan busana vintage.

Bisa dicari di mana-mana

Bukan perkara sulit untuk mencari busana vintage. Koleksi-koleksi tersebut bisa didapat di mana pun, mulai dari keluarga atau pun gerai-gerai penjual busana bekas pakai.

Di Indonesia ada beberapa daerah yang bisa disambangi untuk mencari busana vintage seperti Pasar Senen dan Pasar Baru di Jakarta hingga Pasar Gedebage di Bandung. Kamu juga bisa mendatangi bazar-bazar tertentu yang kerap kali menjual pakaian seken berkualitas.

Jika ingin membeli lewat daring, bisa juga mencari di eBay, Amazon dan lain-lain.

Ingat semua hal-hal kecil: ukuran hingga kesukaan

Butuh kecepatan dan ketepatan untuk membeli pakaian seken dan vintage, karena itu pastikan mengenal betul ukuran tubuh hingga model-model favorit. 

Untuk ukuran lebih baik kebesaran sedikit, daripada sempit yang akhirnya tidak muat. Kamu juga bisa bawa pita pengukur dan tak perlu malu untuk menggunakannya. 

Penting juga berhati-hati untuk melihat barang vintage di foto, karena bisa jadi beda dengan yang asli. Kamu bisa pergi dengan teman yang mengetahui selera yang baik.

Pastikan juga sesuatu yang dibeli itu bisa dipasangkan dengan busana kamu lainnya di lemari.

Saat ke toko-toko barang bekas, jangan lupa untuk menyentuh barang-barang tersebut. Menyentuh seluruh pakaian itu untuk memastikan bahwa barang tersebut masih dalam kondisi bagus dan bahan-bahannya masih laik dipakai. 

Pilih era busana

Bicara vintage, maka juga tentang era tren busana. Ada banyak era, jadi kamu harus tahu betul di mana kamu berada. 

Setelah tahu, kamu akan lebih mudah memilih model busana dan dapat dipadu-padankan dengan busana lain sehingga bisa memaksimalkan gaya vintage yang diinginkan. 

Cari di setiap toko

Saat kamu mencari pakaian bekas, jangan malas untuk pergi ke setiap toko. Cari satu per satu di setiap gantungan dan tempat. Terkadang pakaian bekas dan berkualitas ada di bawah, sementara di bagian atas biasanya yang sudah diacak-acak oleh pembeli sebelumnya.

Jangan pernah katakan tidak

Dalam dunia vintage, seperti bisnis real estate, semua tentang spekulasi. Tapi tunggu dulu, pakaian vintage bekas lebih murah dari kondomonium, jadi jangan ragu untuk beli. 

Karena, apa pun yang dijual pasti berharga, selama material bagus saat disentuh dan bisa dikenakan. Tak ada yang peduli sudah berapa lama usia sweatshirt dan t-shirt Champion yang kamu gunakan. Kamu bisa pakai itu ke mana pun, asal masih bagus dan layak. 

Jangan lupa diri

Memiliki pakaian seken bukan berarti bisa dipadu-padankan semua. Vintage memiliki masa masing-masing, jadi pastikan tetap mengenakan maksimal pakaian dari dua era, sehingga tidak terlihat over.

Cuci dengan teliti

Setelah membeli, pastikan untuk dicuci dengan teliti dan berulang kali. 

Meskipun sudah dicuci di toko, namun mereka belum mencuci dengan bersih, seperti benar-benar menghilagkan bakteri dan vius. 

Jangan takut berbeda

Mengenakan vintage berarti kamu harus siap untuk berbeda. Sebab vintage tak umum dikenakan oleh orang-orang saat ini. 

Kepercayaan diri adalah kunci agar tetap memaksimalkan gaya vintage kamu. Jika belum siap, kamu bisa simpan beberapa pakaian, lalu bisa dikenakan suatu saat kamu siap atau tengah tren kembali.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/13/110000820/wajib-tahu-soal-berburu-dan-memakai-pakaian-vintage

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.