Salin Artikel

Motif Ikonik Mickey Mouse Hiasi Batik Kolaborasi Disney x Iwan Tirta

Kini kita bisa menyaksikan uniknya motif khas Mickey dalam koleksi maestro batik Iwan Tirta.

Koleksi tersebut merupakan kolaborasi Disney Indonesia dan Iwan Tirta Private Collection dalam rangka perayaan ulang tahun ke-90 Mickey.

Dari delapan busana pria dan wanita pada koleksi ini, kita bisa merasakan kentalnya karakter batik khas Iwan Tirta dan kehadiran Mickey hadir pada saat yang sama.

Marketing Manager Iwan Tirta Private Collection, Rindu Melati Pradnyasmita menjelaskan, tokoh Mickey menjadi inspirasi pihaknya dalam merancang motif batik untuk koleksi tersebut.

Karakter Mickey yang timeless alias tak lekang oleh waktu dianggap memiliki kesamaan dengan batik sebagai sebuah karya seni yang juga tak termakan waktu.

“Batik adalah suatu karya seni yang timeless dan bisa mewakili masing-masing generasi, bisa diwariskan ke generasi berikutnya."

"Sama seperti Mickey,” kata Rindu ketika ditemui di butik Iwan Tirta Private Collection di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018).

Tak hanya itu, tim Iwan Tirta Private Collection juga menerjemahkan karakter optimistis tokoh Mickey ke dalam motif batik garuda serakit.

Garuda serakit terinspirasi dari garuda sebagai simbol Negara Indonesia.

Motif garuda serakit sebetulnya diciptakan oleh maestro batik Go Tik Swan yang merupakan guru Iwan Tirta.

Go Tik saat itu diminta oleh Presiden Soekarno untuk membuat motif batik yang mewakili Indonesia, bukan daerah-daerah tertentu.

Namun, motif garuda serakit tersebut kemudian dikembangkan oleh Iwan Tirta dengan ukuran yang cenderung lebih besar.

Di balik simbol garuda, tersemat makna dan harapan dari para bapak bangsa agar Indonesia bisa menjadi negara yang berkembang dan maju di kemudian hari.

“Secara filosofis rasanya motif garuda serakit ini cocok dengan karakter Mickey, akhirnya muncul garuda serakit ini untuk merayakan 90th anniversary-nya Mickey Mouse,” kata Rindu.

Karakter Indonesia pun masih terasa kuat pada koleksi yang memadukan motif garuda serakit dan kepala ikonik Mickey tersebut.

Motif itu kemudian dituangkan pada kain sutra ATBM yang ditambahkan emas prada. Emas dinilai sangat berkaitan dengan sebuah momentum perayaan.

Delapan koleksi kolaborasi ini terdiri dari kemeja pria dan cocktail dress yang tersedia dalam empat warna, yakni merah, biru, putih, dan hitam sebagai warna khas Mickey.

Pihak Disney sendiri, kata Rindu, menginginkan sebuah koleksi yang terasa sangat Indonesia, namun juga menonjolkan Mickey Mouse secara bersamaan.

“Terasa Indonesianya, terasa Iwan Tirtanya dan Mickey-nya. Memang dari Disney tidak mau Mickey banget, mungkin supaya unik,” tutur dia.

Sayangnya, koleksi batik unik ini tidak dijual melainkan masih sebatas koleksi seni.

Namun, bagi penggemar Mickey Mouse atau Iwan Tirta yang penasaran, koleksi ini akan segera dipajang secara eksklusif di flagship gallery Iwan Tirta Private Collection di Plaza Indonesia, Jakarta hingga November 2018.

Menurut Rindu, belum ada rencana untuk menjual produk kolaborasi tersebut dalam waktu dekat.

Persiapan yang mepet juga menjadi alasan lainnya mengapa koleksi yang dibuat masih sebatas koleksi seni.

“Ketemu Disney di Bulan Maret. Lumayan mepet makanya kami belum bisa menjual karena keterbatasan waktu dan semua ini kan dikerjakan tangan,” kata dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/24/193654320/motif-ikonik-mickey-mouse-hiasi-batik-kolaborasi-disney-x-iwan-tirta

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.