Salin Artikel

Michael Kors Resmi Akuisisi Semua Saham Versace

KOMPAS.com - Rumor soal Michael Kors yang akan mengakuisisi Versace terjawab sudah. Dilansir dari New York Post, label asal Amerika Serikat tersebut mengonfimasi telah membeli Versace dengan harga 2,2 miliar dollar AS atau Rp 32,8 triliun.

Dengan begitu, Versace kini menjadi bagian dari keluarga Michael Kors, setelah Jimmy Choo lebih dulu diakuisisi senilai 1,2 miliar dollar AS atau Rp 17,92 triliun.

Versace yang dikenal dengan desain berani dan glamour. Brand dengan logo kepala Medusa ini merupakan salah satu label mewah asal Italia yang berpengaruh di industri mode.

“Kami percaya kekuatan dari Michael Kors dan Jimmy Choo serta akuisisi Versace, berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan kami beberapa tahun ke depan,” ujar Chairman dan CEO Michael Kors, John Indol.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Michael Kors setuju untuk membeli semua saham luar biasa Versace untuk total nilai perusahaan 1,83 miliar euro (2,2 miliar dollar AS) yang akan didanai dalam bentuk tunai, utang dan saham di Michael Kors Holding Ltd., yang akan diganti namanya menjadi Capri Holdings Ltd.

Perusahaan ekuitas swasta AS, Blackstone, yang membeli 20 persen Versace pada 2014, akan sepenuhnya keluar dari investasi.

Keluarga Versace, yang saat ini memiliki 80 persen saham rumah mode melalui perusahaan induk bernama Givi, akan menerima 150 juta euro atau Rp 2,6 triliun dari harga pembelian di saham Capri.

“Kami percaya bahwa menjadi bagian dari grup ini sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang Versace. Gairah saya tidak pernah lebih kuat dari ini,” kata Donatella Versace, saudari dari pendiri perusahaan, Gianni Versace, serta direktur artistik dan wakil presiden dari label yang berbasis di Milan," kata Idol.

Setelah kesepakatan, CEO Versace Jonathan Akeroyd akan tetap di pucuk pimpinan perusahaan, sementara Donatella Versace akan “terus memimpin visi kreatif perusahaan".

Michael Kors mengatakan, pihaknya berencana untuk meningkatkan penjualan global Versace menjadi 2 miliar dollar AS, meningkatkan ritel fisik menjadi 300 gerai dari sekitar 200 saat ini, serta mempercepat strategi e-commerce.

Ia juga berencana untuk meningkatkan pangsa aksesoris dan alas kaki dengan margin lebih tinggi hingga 60 persen dari penjualan dari 35 persen.

Versace tidak mengungkapkan rincian keuangannya, tetapi dokumen yang disimpan di kamar dagang Italia menunjukkan, tahun lalu ia membukukan penjualan 668 juta euro dan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan apresiasi (EBITDA) sebesar 45 juta euro.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/26/150000820/michael-kors-resmi-akuisisi-semua-saham-versace

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.