Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ternyata, Nike Nyaris Putuskan Kontrak Colin Kaepernick

Nike mengaku berniat memutuskan ikatan dengan atlet futbol Amerika yang bermain di posisi quarterback tersebut, sebulan sebelum kampanye perayaan  30th anniversary "Just Do It" dimulai.

Seperti kisah yang dilansir laman the New York Times, Nike berniat memutuskan kontrak dengan Kaepernick, yang telah bergabung sebagai atlet Nike sejak 2011.

Pertimbangan yang saat itu muncul adalah Kaepernick dinilai tak lagi bermain di NFL, karena namanya tak muncul di roster.

Selain itu, mempertahankan kontrak dengan Kaepernick berpotensi merusak hubungan Nike dengan NFL, yang juga adalah mitra Nike. 

Perubahan terjadi saat Nigel Powell, Chief Communications Officer Nike mengeluarkan argumentasi berbeda.

Dia meyakini, mencampakkan Kaepernick dapat menyebabkan reaksi negatif dari media dan juga konsumen.

NY Times memberitakan, yang terjadi selanjutnya adalah pada eksekutif Nike bersama dengan biro iklan lama Nike, Wieden and Kennedy, malah kemudian memutuskan untuk mendukung Kaepernick untuk berjuang mendapatkan keadilan.  

Hasilnya, Kaepernick pun dipilih untuk menjadi bintang reklame Nike "Dream Crazy" yang diluncurkan awal bulan ini dan lalu menjadi viral.

"Colin Kaepernick telah membangkitkan perhatian kolektif kami tentang persoalan yang sedang terjadi di AS, mengenai krisis keadilan berlandaskan isu rasial," kata Mantan Direktur CIA John Brennan di akun Twitter-nya.

"Apa yang dia lakukan sama sekali bukan bentuk pelecehan terhadap bendera negara. Dia bahkan ingin menyampaikan pesan dari pembukaan UUD kita, yakni membangun persatuan. Well done, Colin, well done."

Selain Kaepernick, perayaan 30 tahun slogan Nike juga melibatkan sejumlah wajah atlet lain, yakni bintang tenis AS Serena Williams, pemain New York Giants Odell Beckham Jr, dan pemain debutan Seattle Seahawks Shaquem Griffin. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/28/231732820/ternyata-nike-nyaris-putuskan-kontrak-colin-kaepernick

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke