Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Padu Padan Pakaian Batik Kekinian, Mana Favoritmu?

KOMPAS.com – Hari Batik Nasional kembali hadir. Hingga hari ini, batik terus mengalami perkembangan pesat. Batik yang dulu dianggap sebagai pakaian untuk acara-acara formal kini bisa menjadi busana sehari-hari.

Sejumlah desainer tanah air bahkan membuat koleksi pakaian batik ready to wear alias siap pakai. Sehingga, kita tak perlu menunggu momentum atau acara khusus untuk memakainya, melainkan bisa digunakan sehari-hari.

Memakai batik tak harus tampak kaku. Kita hanya perlu mengetahui triknya agar pakaian batik yang digunakan tetap terkesan casual.

Masih bingung memadupadankannya? Yuk simak inspirasi padu padan busana batik dari koleksi para desainer!

1. Blazer

Koleksi kolaborasi Desainer Mel Ahyar dan Iwan Tirta Private Collection bisa menjadi salah satu contohnya. Salah satu koleksi bertema “Er-lum” tersebut berbetuk outer batik dengan dominasi warna cokelat. Untuk menggunakannya kamu bisa menggunakan dalaman dress cokelat atau warna dasar lainnya.

Kamu bisa pula memilih kaos dan celana polos di bagian dalam. Biarkan outer batik yang kamu gunakan menjadi pusat perhatian dari tampilanmu.

2. Jaket

Tak hanya perempuan, kamu yang laki-laki juga bisa mencobanya, lho.

Salah satu contohnya adalah koleksi kolaborasi Alleira dan desainer asal Malaysia, Michael Ong.

Salah satu pakaian dari koleksi bertajuk “Batik Now” itu sekilas tampak seperti jaket army. Namun, jika dilihat dari dekat kita bisa melihat bahwa motif pada jaket tersebut adalah batik, bukan motif tentara.

Kamu bisa memadukan jaket batik tersebut dengan kaos dan celana olahraga untuk tampilan yang sporty.

3. Sweater

Jika ingin menggunakannya di keseharian, kita bisa memadukan sweater batik tersebut dengan celana jeans atau cargo. Jangan lupa untuk menyempurnakan gaya sporty-mu dengan sepasang sneakers favoritmu.

4. Dress

Jangan lupa menggunakan hiasan kepala atau rambut untuk semakin menyempurnakan tampilanmu.

5. Kimono

Denny tampil dengan kimono berwarna hitam yang didominasi motif batik Tuban berpadu kain tenun. Di dalam kimono, Denny mengenakan kemeja putih dan celana hitam yang semakin menyempurnakan tampilan monokromnya.

6. Setelan batik

Seperti diunggah pada akun Instagram Bateeq, Ariel mengenakan batik dengan dominasi warna hitam yang dipadukan sempurna dengan kaos berkerah rendah yang juga berwarna hitam.

Untuk semakin mempercantik tampilanmu, kamu bisa menggunakan flat shoes atau high heels.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/02/073812020/padu-padan-pakaian-batik-kekinian-mana-favoritmu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke