Salin Artikel

Rawat Wajah dengan 4 Masker Alami Ini...

Memiliki wajah yang bersih dan sehat juga bisa didapatkan dengan melakukan perawatan wajah secara rutin, misalnya dengan menggunakan masker.

Penggunaan masker tidak hanya dilakukan di klinik-klinik kecantikan, tapi juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut empat tips merawat kecantikan wajah dengan masker alami.

1. Masker almond

Almond memiliki beberapa kandungan yang dipercaya untuk membuat kulit wajah lebih cerah dan kenyal, seperti vitamin E.

Vitamin E dalam almond juga dipercaya dapat meremajakan dan memberi nutrisi pada kulit yang membantu mengurangi keriput dan juga garis-garis halus. Oleh karena itu, beberapa orang menjadi almond sebagai masker wajah.

Cara membuat masker almond pun terbilang mudah. Bahan yang dibutuhkan hanya ampas kacang almond, susu bubuk, dan madu murni.

Pertama, campurkan ampas kacang almond, susu bubuk, dan madu murni. Usahakan campurannya jangan terlalu cair, dan juga jangan terlalu kering.

Selanjutnya, aduk ketiga bahan tersebut hingga berupa "adonan" masker scrub.

Jika suka dengan sensasi dingin, adonan ini bisa disimpan dalam kulkas. Namun, bisa juga langsung dipakai setelah campuran teraduk rata.

Sebelum memakai masker, jangan lupa mencuci wajah dengan sabun muka. Kemudian, aplikasikan masker dan diamkan selama 15-30 menit, hingga terasa mengeras.

Setelah selesai, bilaslah wajah dengan air hangat. Sebaiknya masker almond ini dipakai tiap tiga hari sekali agar tidak terjadi iritasi.

Baca: Tips Bikin Masker Almond untuk Wajah Cerah dan Kenyal

2. Masker putih telur

Putih telur dikenal sangat bagus untuk mengatasi pori-pori wajah yang besar. Sebab, putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit.

Bagi Anda yang ingin kulit wajahnya terlihat awet muda dan kencang, masker putih telur menjadi andalan. Bahan yang digunakan yakni telur, madu, air lemon.

Cara pembuatannya pun mudah. Pertama, pisahkan putih telur dengan kuning telur. Lalu kocok putih telur hingga berbuih.

Campurkan satu sendok madu, putih telur, dan beberapa tetes perasan lemon hingga kental dan berbau tidak menyengat.

Selanjutnya, aplikasikan masker putih telur tersebut, tunggu hingga mengeras dan mengencang sekitar 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Baca: 3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

3. Masker yogurt

Yogurt atau susu fermentasi tak hanya membuat lancar saluran pencernaan, tapi juga bagus untuk kecantikan wajah, terutama membantu kulit menjadi halus.

Ahli gizi Emilia Achmadi mengungkapkan bahwa protein dalam yogurt sama seperti protein dalam susu yang berfungsi sebagai modal utama pembentukan kolagen.

Kolagen merupakan komponen penting untuk menciptakan elastisitas bagi kulit dan memberikan kontribusi pembentukan sel baru yang menggantikan sel-sel lama.

Untuk menggunakan masker yogurt, disarankan memilih yogurt plain (hambar) atau bisa juga menggunakan yogurt yang masih tersisa setelah dimakan.

Ketika dioleskan ke wajah, diamkan masker yogurt pada wajah kurang lebih 5-10 menit sambil dipijat secara perlahan.

Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Perlakuan secara rutin juga membuat wajah menjadi halus dan cerah.

Baca: Kulit Lebih Mulus Berkat Masker Yogurt

4. Masker bawang

Bawang merupakan bahan yang biasanya digunakan untuk bahan dasar masakan. Ternyata, bawang juga bisa digunakan untuk masker wajah.

Beberapa kandungan dalam bawang tercatat bagus, seperti tinggi antioksidan, flavonoid, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dapat membantu melindungi kulit kita dari ancaman sinar ultraviolet matahari.

Cara membuat masker bawang juga mudah. Bahan tambahan yang diperlukan yakni minyak zaitun.

Pertama, campurkan satu sendok makan bawang halus dengan satu sendok makan minyak zaitun.

Kemudian, aplikasikan campuran tersebut pada bagian yang diinginkan, tunggu selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Untuk hasil terbaik, gunakan masker bawang ini setiap hari.

Baca: Bawang Bisa Menjadi Masker Wajah, Mau Coba?

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/29/103003820/rawat-wajah-dengan-4-masker-alami-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.