Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Penyebab Kulit Kering Paling Umum, Bukan Cuma Cuaca Panas

KOMPAS.com - Bagi yang punya tipe kulit kering, kamu mungkin sering mengeluhkan masalah kulit gatal, pecah-pecah, dan mudah terkelupas. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tapi seringnya di bagian wajah, kaki, tangan, dan area perut.

Meskipun tidak berbahaya, masalah kulit yang satu ini tetap saja mengganggu penampilan. Sebelum mencari solusinya, ada baiknya kamu cari tahu dulu penyebab kulit kering berikut ini.

Berikut ini penyebab kulit kering yang mungkin terjadi pada kita.

1. Kurang minum air putih

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit. Semakin sedikit air putih yang kamu minum, maka kulit pun juga akan semakin kering.

Terlebih bagi yang sudah berusia 40 tahun ke atas, elastisitas kulit akan menurun sehingga kulit jadi lebih tipis dan kering.

2. Suhu panas

Suhu panas dan kering dapat menguapkan cairan dalam kulit sehingga membuatnya dehidrasi. Terlebih jika ini tidak segera diatasi dengan banyak minum air putih, maka kulit akan semakin kering.

3. Salah pakai sabun

Kebanyakan sabun mengandung surfaktan, yaitu senyawa kimia golongan keras yang memiliki pH basa.

Meski dapat membersihkan kulit, kandungan surfaktan ini juga dapat menghilangkan minyak alami dalam kulit. Begitu kata Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital.

4. Keseringan cuci tangan

5. Obat jerawat dan retinol

Bahan kimia tersebut bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, tapi pada saat yang bersamaan juga menghilangkan kelebihan minyak di kulit. Jadi, wajar saja jika wajahmu cenderung kering dan mengelupas.

6. Penyakit kulit

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/08/070700020/6-penyebab-kulit-kering-paling-umum-bukan-cuma-cuaca-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke