Salin Artikel

"Curhat" Ridwan Kamil, antara Jadi Ayah dan Jadi Seorang Gubernur...

Kondisi itu pula yang terjadi kepada Ridwan Kami, mantan Wali Kota Bandung yang kini memegang tugas lebih besar sebagai Gubernur Jawa Barat.

Sebagai ayah dari dua orang anak, --Emmiril Khan Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra, dan juga Kepala Pemerintahan di Jabar, Ridwan Kamil "dipaksa" untuk membagi waktu dengan kedua buah hatinya itu.

Dalam perbincangan Senin (12/11/2018) di Gedung Sate, Bandung, Emil -demikian Ridwan Kamil biasa disapa, mengaku ingin tugasnya sebagai Gubernur tak sampai mengurangi tanggungjawabnya sebagai ayah.

Dia rindu kedua buah hatinya bisa tetap mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari seorang ayah.

“Ayah adalah imam, yaitu pemimpin. Maka seorang ayah harus menjadi pahlawan dari anak-anak. Karena anak- anak akan mengikuti apa yang dicontohkan orangtuanya."

"Kalau ayahnya sangat dekat, ayahnya perhatian, ayahnya memimpin ibadah, ayahnya selalu hadir, itu menjadi sebuah kebutuhan,” kata Emil.

Ditanya soal pengalaman menjadi ayah, Emil menyebut, kini dia merasa wajib untuk beradaptasi, agar tidak ketinggalan dengan minat dan kebutuhan anaknya.

“Saya terus terang yang paling berat sebagai ayah adalah ngerjain PR SMP anak saya (Zahra)," ucap Emil.

Zahra, adalah perempuan Emil bernama lengkap Camillia Laetitia Azzahra. Dia sekarang bersekolah di SMP Daarul Hikam, Bandung.

"Saya harus bisa saya buka buku lagi, sampai mau belajar, demi kalau ditanya anak saya, saya bisa jawab soal matematika, karena biasanya PR matematika."

"Ini cara saya menjaga, walaupun sudah jadi Gubernur, menjaga kedekatan saya dengan anak saya yang masih SMP,” ungkap dia.

Rela pelajari K-Pop

Bahkan, demi dekat dengan anak perempuannya itu, Emil memaksa diri mempelajari dunia K-Pop yang sangat asing untuknya.

“Saya belajar lagi tentang K-Pop supaya ngobrol dengan anak saya rada nyambung,” ungkapnya.

Demikian pula dengan anak tertuanya, Emmiril Khan Mumtadz, -yang akrab disapa Eril, Emil juga mengikuti apa yang menjadi kegemaran anaknya itu.

“Kalau anak saya yang pertama karena sudah mahasiswa pola komunikasi sebagai ayahnya berubah."

"Saya menjadi kayak sahabat, momotoran bareng, curhat, sekarang gara-gara begitu jadi ketahuan siapa kecengannya (wanita yang ditaksir),” tutur Emil.

“Itulah adaptasi, kalau kita enggak ngerti dunia mereka, gimana kita tahu apa yang ada di pikiran mereka,” sambung Emil.

Curhat

Emil sedikit curhat tentang kegiatannya yang terhitung padat menemani Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Bandung selama dua hari kemarin.

Nah, meski sedemikian padat, Emil tetap menyisakan waktu bersama putra putri tercintanya.

“Tadi malam kita karaokean bareng, nyanyi lagu-lagu Queen. Karena mereka senang musik jadi ya, saya ikuti saja kesukaan mereka."

"Di luar itu, saya kehilangan momentum berkualitas sebagai pejabat yang waktunya tipis sekali."

"Kemarin dua hari mendampingi Pak Jokowi. Hak anak saya cuma sejam setengah berkaraoke bersama. Saya sudah lelah, capek, tapi mereka punya hak."

"Itulah perjuangan memberikan keadilan menjadi contoh teladan dan mengikuti apa maunya mereka,” tandas Emil.  
    

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/12/105212420/curhat-ridwan-kamil-antara-jadi-ayah-dan-jadi-seorang-gubernur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.