Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memakai Kosmetik "Waterproof" agar Tak Merusak Kulit

Jika ingin mencobanya, kamu tinggal mencari produk kosmetik dengan label "waterproof", "long stay", atau istilah lainnya yang merujuk pada produk dengan bahan yang tak mudah terhapus.

Di balik keistimewaannya, menggunakan kosmetik "waterproof" terlalu sering juga bisa berpotensi menimbulkan masalah pada kulit wajah.

Mulai dari jerawat, iritasi, "bruntusan", dan masalah spesifik lainnya sesuai area wajah.

"Karena yang 'waterproof' lebih menutup pori-pori kulit. Itu yang menyebabkan tidak bagus untuk di kulit."

Begitu kata Makeup Artist Bubah Alfian dalam peluncuran Nivea MicellAIR Skin Breathe Xpert di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jumat (16/11/2018).

Risiko lainnya juga mungkin dihadapi. Misalnya, kulit kering pada area tertentu seperti di bibir (-karena penggunaan lipstik 'waterproof') atau mata (karena penggunaan maskara 'waterproof').

Bubah bukan tak pernah menggunakan kosmetik 'waterproof'. Pada beberapa keperluan, -misalnya pemotretan atau syuting iklan yang mamakan waktu panjang, Bubah juga menggunakan kosmetik 'waterproof'.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, memilih produk kosmetik berkualitas tinggi atau memerhatikan waktu pemakaian riasan wajah.

Menurut dia, makeup 'waterproof' masih tak masalah jika dipakai tidak terlalu sering dan dalam batasan waktu wajar, yakni delapan jam.

"Kalau melebihi itu, biasanya saya kalau lagi mengerjakan iklan biasanya saya ganti makeup. Saya ganti alas bedaknya. Dibiarkan dulu (kulitnya) 10 menit," kata perias yang banyak menangani selebritas tersebut.

Kendati demikian, ada beberapa orang yang dalam kegiatan sehari-harinya membutuhkan makeup yang tahan lama.

Menurut Bubah, makeup 'waterproof' bisa saja digunakan setiap hari, namun idealnya hanya diaplikasikan tak terlalu lama. Misalnya, 2-3 jam saja.

Mereka yang sering menggunakan riasan wajah 'waterproof' pun menurut dia membutuhkan perawatan kulit yang lebih ekstra.

Selain harus lebih telaten salam merawat kulit, ia pun menyarankan untuk lebih selektif dalam memilih produk.

"Kandungannya jelas dan tidak menyebabkan masalah di kulit. Lihat dulu bahannya apa saja, cocokkah dengan kulit kita," kata Bubah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/16/192058520/tips-memakai-kosmetik-waterproof-agar-tak-merusak-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke