Salin Artikel

Usai Turun 63 Kg, Psikoterapis Ungkap 4 Cara Pertahankan Berat Badan

KOMPAS.com - Psikoterapis William Anderson punya pengalaman panjang soal penurunan berat badan. Mengalami obesitas sejak anak-anak hingga pertengahan usia 30 tahunan, ia akhirnya bisa menurunkan berat badan hingga 140 pon atau sekitar 63,5kg dalam 18 bulan.

Penulis buku diet "The Anderson Method" itu pun mulai mempelajari tingkah laku di balik masalah berat badan yang dialami banyak orang, dan ternyata penurunan berat badan bisa dimulai dengan perubahan perilaku.

Nah, setidaknya ada empat cara yang bisa kita lakukan agar penurunan berat badan yang kita alami tidak bersifat sementara melainkan jangka panjang.

1. Hitung konsumsi kalori sebelum memulai diet

Jika ingin menurunkan berat badan dan menjaga berat tersebut, cobalah menghitung kalorimu sebelum diet.

Dengan begitu, kamu akan tahu jumlah konsumsi kalori di masa "normal" dan pola diet akan menyesuaikan. Hal ini akan meminimalisasi kemungkinan kembalinya kebiasaan makan  tersebut.

Jika kamu berpikir bahwa pola makan normal tersebut lah yang membuat berat badan berlebih, maka yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan pola makan yang baru.

"Tujuan utama di sini bukanlah menurunkan berat badan, tapi membangun kebiasaan hidup baru agar tidak menambah berat badan," kata Anderson.

2. Lupakan angka timbangan

Jika angka timbangan adalah tujuanmu, maka kamu akan cenderung mengubah pola makan dan olahraga rutin hanya sampai kamu meraih angka berat badan tertentu. Setelah tercapai, kamu mungkin kembali ke kebiasaan lama.

"Menurunkan berat badan penting. Tapi hal uramanya adalah setiap orang harus belajar menjalani pola hidup yang tidak membuat mereka naik berat badan," ujarnya.

Hal yang harus dilakukan adalah memahami jumlah kalori yang perlu dijaga dan tetap menjaga mengkonsumsi hanya dalam jumlah tersebut.

Penting pula untuk tetap realistis. Jika kamu tidak banyak bergerak, seperti kerja dengan berdiam di kantor sepanjang hari, maka pola makanmu harus disesuaikan.

"Kita harus menyesuaikan pola makan dan kemampuan metabolisme tubuh kita dengan pola hidup atau aktivitas sehari-hari," ia menjelaskan.

Ada banyak cara menghitung kalori, mulai dari kalkulator online, aplikasi, hingga mencatat secara manual asupan kalori yang dibutuhkan tubuh.

3. Makanlah yang kamu sukai

Makan bersih atau clean eating memang penting, namun Anderson mengatakan bahwa kita juga harus bisa tetap menikmati makanan yang kita sukai.

Jadi, kuncinya adalah makan makanan yang disukai namun dengan porsi lebih sedikit.

"Dengan cara itu, kita lebih menikmatinya ketimbang ketika masih kelebihan berat badan, meski dengan jenis makanan yang sama," katanya.

Hal ini juga menjadi pola pikir orang banyak.

"Ketika kita melakukannya setiap hari, maka kita akan terbiasa dengan pola makan tersebut," kata Anderson.

4. Atur jam makan

Ia hanya makan pada waktu tertentu dalam sehari dan sisanya berpuasa.

Pada akhir pekan, Anderson membebaskan dirinya untuk makan lebih namun tetap menjaga asupan kalori perminggunya.

"Tidak masalah kalau cuma makan sedikit berlebih pada akhir pekan," kata dia.


https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/19/094820020/usai-turun-63-kg-psikoterapis-ungkap-4-cara-pertahankan-berat-badan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.