Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kedai Kopi Javaroma Sajikan ToBrew untuk Cita Rasa Kopi Otentik

JAKARTA, KOMPAS.com - Italia merupakan salah satu negara yang sohor akan kopinya. Tak ayal, jika kita bertandang ke negara di Eropa Barat itu akan dihadapkan pada begitu banyak pilihan menu kopi, seperti espresso, café latte, cappuccino dan berbagai variasi lainnya.

Namun, bagi coffee connoisseur alias penikmat kopi sejati, tak lengkap rasanya jika tidak menyesap kopi dari biji tertentu yang diseduh secara manual.

Adalah ToBrew, konsep manual yang dikembangkan kedai kopi Javaroma Bottega del Caffe yang juga terdaftar sebagai anggota Specialty Coffee Association (SCA) Italia.

Konsep ini memungkinkan kopi diseduh dengan cara manual, baik dengan metode pour over atau French press. Untuk biji kopi tertentu, metode manual seperti ini menghasilkan cita rasa kopi yang optimal.

Dalam unggahannya di Instagram, Javaroma membagikan tips untuk menikmati kopi dengan sajian ToBrew. Siapkan bubuk kopi, tambahkan air dengan suhu 92 - 95 derajat celsius, lalu diamkan selama empat menit. Terakhir aduk dengan sendok sebanyak tiga kali untuk menghancukan crust atau kerak kopi.

Bergerak dari ‘passion’ terhadap kebaikan kopi, apakah kopi khas Italia, Espresso ataupun pilihan ToBrew, Javaroma mengklaim bertekad menyajikan kopi berkualitas bagi pelanggannya.

Alessio Fossi, manager Javaroma Italia yang juga berlatar belakang sebagai barista, berprinsip setiap orang memiliki selera kopi yang berbeda.

“Javaroma Bottega del caffe adalah tempat penikmat kopi mendapatkan cita rasa yang disukainya. Kami punya espresso dan minuman kopi lainnya yang diracik dengan gaya Italia, tapi kami pun menawarkan specialty coffee yang bisa diseduh secara manual,” kata Alessio dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

“Dengan konsep ToBrew di Javaroma Bottega del caffe, kopi bisa dibuat dengan metode pour over atau French press, sehingga didapat minuman kopi yang berkualitas dengan rasa yang sesuai dengan selera,” ujar Alessio.

Jika ingin mencicip sajian ToBrew, kamu tak perlu repot-repot ke kedai Javaroma yang ada di Roma, Italia. Sebab, kedai kopi yang mengklaim sebagai third-wave ini sudah ada di Depok, Universitas Indonesia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/29/171516120/kedai-kopi-javaroma-sajikan-tobrew-untuk-cita-rasa-kopi-otentik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke