Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesawat Tempur Legendaris dalam Desain Arloji

KOMPAS.com - Spitfire, yang dirancang oleh Reginald J. Mitchell, merupakan salah satu pesawat paling populer dalam sejarah penerbangan. 

Bentuk dari pesawat tempur Inggris yang legendaris tersebut dianggap memiliki desain yang berfungsi sempurna. Sayap elipsnya tidak sekadar membuatnya luar biasa lincah dan mudah bermanuver, tapi juga memberikan siluet unik.

Rupanya pesawat yang ditugaskan menghadapi fighter-fighter Jerman dalam Perang Dunia ke 2 itu memberi inspirasi desain arloji IWC's Pilot's Watches, jam tangan yang awalnya digunakan khusus penerbangan militer. 

Dilansir dari Watch-Insider, sama seperti Spitfire, koleksi jam tangan IWC dengan nama yang sama juga menggabungkan bentuk dan fungsi untuk mencapai keserasian.

Desainnya terinspirasi oleh jam tangan navigasi Mark 11 yang ikonik.

Untuk merayakan keahlian rekayasa unik para desainer Spitfire, semua jam tangan dilengkapi dengan kalibrasi yang diproduksi IWC.

Sorotan khusus dari koleksi ini adalah Pilot Watch Timezoner Spitfire Edition “The Longest Flight”.

Untuk pertama kalinya di IWC, arloji ini menggabungkan mekanisme Timezoner yang dipatenkan dengan gerakan yang sepenuhnya otomatis diproduksi IWC.

Arloji ini pun diproduksi terbatas--250 unit saja. 

Edisi khusus ini didedikasikan untuk proyek “Silver Spitfire – The Longest Flight”.

Arloji ini dikembangkan khusus untuk para pilot—Steve Boultbee Brooks dan Matt Jones, yang berencana menjelajah dunia dengan Spitfire. 

Mereka berniat mencetak sejarah dengan mengelilingi dunia untuk pertama kalinya menggunakan pesawat Spitfire. 

Pada summer 2019 nanti, dua pilot Inggris tersebut akan terbang lebih dari 43.000 kilometer dan melintasi 30 negara dengan pesawat ikonik ini.

Kembali ke arloji, skema warna desainnya, mulai dari casing stainless steel, dial hitam dan tali strap hijau--mengingatkan pada kokpit Spitfire. 

Arloji ini dapat disetel ke zona waktu yang berbeda dengan gerakan putaran sederhana dari panel.

Jarum jam, layar 24-hours, dan tanggal, berputar secara otomatis pada waktu yang bersamaan. Layar 24-hours juga dirancang sebagai disk berputar di bawah dial, yang artinya dial bergerak lebih dekat ke kaca depan, sehingga membuat lebih mudah dibaca. 

Kaliber yang diproduksi 82760 IWC yang baru dikembangkan memiliki gulungan Pellaton dengan komponen yang terbuat dari wear-resistant ceramic dan memiliki cadangan daya 60 jam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/12/18/212334620/pesawat-tempur-legendaris-dalam-desain-arloji

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke