Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kesalahan Saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan

Jalan kaki menawarkan segudang manfaat yang baik buat kesehatan. Sayangnya, banyak orang yang secara tak sadar melakukan kesalahan saat berjalan kaki. Akibatnya, manfaat yang ditawarkan dari aktivitas satu ini jadi tak optimal.

Apa kesalahan yang sering dilakukan saat berjalan kaki?

1. Langkah kaki telalu lebar

Lebih baik ambillah langkah yang lebih pendek, tapi dengan irama gerakan yang lebih cepat.

2. Minum terlalu sedikit

Hindari minuman yang mengandung kafein karena minuman jenis ini justru dapat menyebabkan cepat haus dan kehilangan banyak cairan. Sebaiknya, pilihlah air biasa.

3. Pakai sepatu yang tidak tepat

Pilihlah sepatu yang ringan, tetapi tetap memiliki bantalan empuk untuk memberikan kenyamanan saat melangkah. Sol sepatu juga harusnya fleksibel sehingga kaki tidak tidak menerima tekanan berat saat berjalan.

Yang tak kalah penting, pastikan sepatu yang kamu pakai memiliki ukuran yang pas di kaki. Jadi, kamu tidak merasa kesempitan atau kelonggaran saat memakainya.

4. Salah pilih baju

Sebaiknya, gunakanlah pakaian yang nyaman, tidak berbahan tebal, dan bisa menyerap keringat. Intinya, pakailah bahan yang bisa membantu memudahkan penguapan keringat yang keluar saat jalan kaki.

5. Tidak menggerakan tangan

Agar lebih optimal, kepalkan tangan dengan posisi ibu jari di dalam kepalan untuk menegangkan otot lengan atas. Kemudian, ayunkan tangan ke belakang.

Jika dilakukan dengan teknik yang tepat, mengayunkan tangan ketika berjalan kaki dapat mengimbangi langkah kaki sekaligus mempercepat gerak langkah.

6. Kepala menunduk saat berjalan

Tak hanya itu, menundukkan kepala saat jalan kaki justru dapat membuat kita tidak awas dengan lingkungan sekitar. Ya, bisa saja kita menabrak orang atau bahkan bangunan yang ada di depan.

Oleh sebab itu, berjalannya dengan postur tubuh yang baik. Tegakkan badan dan fokuskan mata pada jalanan atau situasi di depan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/10/151500420/6-kesalahan-saat-berjalan-kaki-yang-sering-disepelekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke