Salin Artikel

Biar Postingan Menarik, Ramai-ramai Pesan Jasa Membuat Caption

Membuat caption di Instagram atau Twitter memang tidak sederhana, apalagi jika kita punya agenda tertentu yang ingin disampaikan.

Hal tersebut dimanfaatkan sebagai peluang bagi beberapa orang yang berbakat menulis. Salah satunya Tri Andry yang membuka jasa merangkai kata caption sejak November 2018.

"Fungsi caption untuk mendeskripsikan foto yang diposting. Bisa saja memposting foto tanpa caption. tapi kalau pakai caption lebih menarik," ucap Tri.

Dalam beberapa bulan, pesanan yang masuk ternyata cukup lumayan.

"Yah, lumayan sudah terima beberapa pesanan. Kalau saat ini, yang pesan ke saya masih untuk postingan di akun IG pribadi," ucapnya saat dihubungi KOMPAS.com.

Berawal dari beberapa puisi karyanya yang tersebar di dunia maya tanpa mencantumkan kredit, lulusan Marketing Communication ini memutuskan untuk menjadikan bakatnya merangkai kata sebagai lahan penghasilan.

"Bahkan ada (puisi) yang masuk di buku orang lain. Lalu, saya mikir 'mending saya jualan kata-kata. Anda bisa beli dari saya dan tulisannya menjadi milik Anda, walaupun saya yang tulis'," ungkapnya.

Dari sinilah, pria yang juga berprofesi sebagai penulis freelance ini membuat akun Instagram @Kreatriv yang khusus mengunggah gambar quotes buatannya.

"Sekalianlah saya coba bisniskan, siapa tahu ada mau dibuatkan caption atau ucapan," ucap pria 28 tahun ini.

Tri mematok harga berdasarkan jumlah kata yang diinginkan pelanggan. Untuk paket pribadi, ia memasang tarif Rp 15.000 per caption dengan jumlah 40 hingga 50 kata.

Sementara untuk paket bisnis ia memasang harga Rp 20.000 per caption untuk jumlah kata yang sama.

Pembuat caption lainnya, Zarry Hendrik mematok harga sesuai dateline yang ditentukan oleh klien.

Umumnya, Zarry mematok harga sekitar Rp 50.000 hingga Rp 500.000 untuk pembuatan caption dengan rincian lima hingga enam paragraf yang nantinya digunakan di media sosial Instagram.

"Pas itu ada orang yang pesan untuk brand, dan momennya minta sebelum tahun baru sudah jadi. Jadi dia minta cepat, saya naikin harganya jadi Rp 500.000 dan deal," ujar pemilik akun @Zarryhendrik ini.

Zarry  mengaku beberapa kliennya biasanya memesan caption sekadar untuk memberi makna kebahagiaan dalam unggahan foto pre-wedding, foto ulang tahun, foto tunangan, bahkan foto anniversary di media sosial Instagram.

Bahkan Zarry mengungkapkan dia pernah membantu membuatkan pesan atau direct message untuk mempererat hubungan mertua dengan menantu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/12/092525120/biar-postingan-menarik-ramai-ramai-pesan-jasa-membuat-caption

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.