Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Menghilangkan Bau Sepatu Olahraga

KOMPAS.com — Bau sepatu merupakan masalah yang umum bagi setiap orang, khususnya bagi mereka yang sering beraktivitas fisik menggunakan sepatu yang sama.

Masalah bau sepatu tidak hanya mengganggu, namun juga akan membuat kita tidak percaya diri. Tentu saja, sepatu tidak akan menjadi bau jika kaki yang memakainya tidak bau.

Banyak orang memiliki masalah ini setiap hari, tetapi beberapa orang memilih untuk tidak mengakuinya, sementara yang lain telah melakukan berbagai cara mengatasinya, namun gagal.

Apa yang membuat sepatu olahraga bau? Sebelum kita mengetahui cara menghilangkan bau sepatu, mari kita perhatikan terlebih dahulu penyebab bau sepatu berikut:

  • Bakteri. Ini adalah penyebab paling umum dari bau sepatu. Bakteri yang datang dari keringat dan tempat lain, akan melekat pada sepatu. Bakteri akan berkembang terutama dalam keadaan lembap.
  • Keringat. Secara alami, kaki akan berkeringat. Keringat inilah yang menyebabkan bakteri muncul dan bahkan berkembang biak.
  • Masalah kaki lainnya. Ada kalanya bau disebabkan oleh luka yang terinfeksi. Jika kamu memiliki luka yang memerlukan perhatian khusus, maka tanganilah dengan segera.

Cara alami menghilangkan bau sepatu

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah dengan menyingkirkan bau yang dapat tercium oleh orang lain, terutama ketika kamu melepas sepatu. Berikut cara-cara alami menghilangkan bau sepatu yang dapat dilakukan di rumah:

1. Menggunakan baking soda

Setelah selesai menggunakan sepatu, taburi sedikit baking soda pada bagian dalam sepatu. Diamkan semalaman, setelah itu bersihkan baking soda sebelum menggunakan sepatu kembali.

2. Meletakkan kulit jeruk di dalam sepatu

Kulit jeruk juga dapat menyingkirkan bau sepatu. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sifat anti-bakteri yang terdapat dalam kulit jeruk.

Oleh karena itu, jeruk dapat mencegah perkembangbiakan bakteri dan membunuh bakteri yang hadir dalam sepatu. Bau jeruk yang kuat akan menyerap bau busuk di sepatu sekaligus menawarkan kesegaran di sepatu.

Caranya adalah dengan mengambil 2 buah jeruk dan kupas kulitnya. Tempatkan kulit jeruk tersebut pada sepatu dan biarkan semalaman sehingga kulit jeruk akan menyerap bau sepatu dan memberikan keharuman.

3. Meletakkan kantong teh di dalam sepatu

Tempatkan kantong teh di atas air mendidih selama beberapa menit, lalu angkat dan biarkan dingin selama 5 menit, kemudian letakkan di dalam sepatu, sebaiknya di atas wadah yang kedap air. Diamkan selama satu jam atau lebih, kemudian lap cairan teh yang tersisa di sepatu.

Kamu juga bisa menggunakan kantong teh baru yang masih kering, alias belum dicelup dalam air panas.

4. Meletakkan bawang bombay di dalam sepatu

Mungkin kesannya aneh, namun bawang bekerja dengan baik dalam menghilangkan bau pada sepatu dengan menyerap bau busuk.

Potong 2-3 bawang bombay dan jaga agar potongan bawang berada di dalam sepatu. Tinggalkan bawang bombay dalam sepatu selama beberapa jam untuk menghilangkan bau sepenuhnya.

5. Memasukkan sepatu ke dalam lemari es

Masukkan sepatu ke dalam kantong plastik yang dapat direkat atau ditutup. Setelah itu, masukkan sepatu ke dalam lemari es dan biarkan semalaman. Lalu, keluarkan sepatu dari dalam lemari es keesokan harinya. Ketika sepatu tersebut sudah kering, kamu dapat memakainya.

6. Merendam sepatu dalam alkohol

Kamu telah mengetahui bahwa bakteri merupakan penyebab utama dari bau sepatu, oleh karena itu alkohol dapat digunakan untuk menghilangkannya. Alkohol tidak hanya mencegah pertumbuhan bakteri dengan membunuhnya, tetapi juga menghilangkan bau busuk dari sepatu.

Untuk mensterilkan sepatu, pertama-tama bersihkan sepatu, kemudian ambil alkohol pembersih dan rendam sepatu di dalamnya selama beberapa waktu. Angkat sepatu dan biarkan hingga kering sepenuhnya. Ini dapat membantu sepatu terbebas dari bau tak sedap.

7. Mengangin-anginkan

Kamu bisa melonggarkan tali sepatu dan membukanya lebih lebar agar bagian dalam sepatu mendapat udara segar dan tidak lembap. Sebaiknya sepatu diletakkan di tempat teduh yang dialiri angin.

Namun ingat, sebaiknya mengangin-anginkan sepatu di tempat yang aman, apalagi bila sepatumu bagus. Bisa-bisa bukan saja baunya yang hilang, namun sepatunya ikut lenyap...

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/17/084607720/cara-mudah-menghilangkan-bau-sepatu-olahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke