Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Sehari-hari yang Mudah Dilakukan agar Jantung Sehat

KOMPAS.com — Hampir setiap orang tahu jika gaya hidup sehat baik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung. Namun, tak sedikit juga orang yang menganggap sulit menjalani atau mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih sehat.

Alasan yang paling sering kali ditemukan adalah padatnya aktivitas sehari-hari sehingga tidak punya waktu. Akhirnya, mereka merasa kewalahan mengikuti rekomendasi latihan 150 menit setiap pekan. 

Tapi, menjadi sehat harusnya tak perlu banyak alasan, bukan?

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, olahraga ringan tidak harus berarti 4 jam sepekan di atas treadmill.

Ahli jantung Christine Jellis menyebut masih banyak aktivitas fisik yang bisa menjadi bagian rutin harian, yang akhirnya membuat jantung lebih sehat. 

"Saya selalu mengatakan kepada pasien saya, sekalipun hanya 10 menit sehari berolahraga intensitas sedang, itu masih bisa membuat perbedaan (kesehatan lebih baik)," ujar Jellis. 

"Bahkan, aktivitas yang kelihatannya kecil, seperti berjalan di sekitar rumah, mengajak anjing berjalan, atau memarkir mobil sedikit lebih jauh dari kantor. Dengan cara ini, kamu memastikan tubuh mendapatkan sedikit olahraga teratur."

Cara lain untuk meningkatkan aktivitas fisik setiap hari meliputi, naik tangga, bangun dari kursi setiap satu jam di kantor lalu berjalan-jalan sebentar, serta bisa melakukan peregangan atau sedikit latihan sambil menonton televisi.

Jellis menambahkan, selain berolahraga sebanyak mungkin, kebiasaan baik lainnya yang dapat membantu mencegah penyakit jantung adalah mengasup makanan yang sehat (batasi lemak jenuh dan lemak trans, garam, dan olahan), membatasi konsumsi alkohol, serta menghindari atau berhenti merokok.

"Jika kamu dapat mengubah perilaku sehat ini menjadi kebiasaan rutin, jalan menuju jantung yang lebih sehat akan menjadi lebih mudah," kata Jellis.

Mencegah kondisi seperti obesitas, hipertensi dan diabetes adalah cara yang jauh lebih efektif untuk menghindari penyakit jantung, dibandingkan menggunakan obat-obatan untuk mengobatinya.

"Saya pikir kamu harus menemukan sesuatu yang dapat diintegrasikan dengan rutinitas rutin," kata Jellis.

"Cobalah untuk menjadikannya sesuatu yang menyenangkan dan kamu menikmatinya."

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/24/131013420/kebiasaan-sehari-hari-yang-mudah-dilakukan-agar-jantung-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke